Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDA ACEH
Pengarang
SURYA KANTA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1309200050018
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.2
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA
GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS
DI KOTA BANDA ACEH
Oleh: Surya Kanta
NIM: 1309200050018
Komisi Pembimbing :
1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd.
2. Dr. Bahrun, M. Pd.
ABSTRAK
Budaya organisasi sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi sistem
manajemen sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pola pembinaan disiplin, persepsi dan pemberian motivasi
sebagai bagian dari budaya organisasi, perilaku dalam melaksanakan budaya sekolah,
dan faktor-faktor penghambat yang muncul dalam upaya meningkatkan kinerja guru.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Subjek penelitian adalah kepala sekolah, dewan guru, dan pegawai administrasi
sekolah. Lokasi penelitian adalah SMA Laboratorium Unsyiah dan SMA Negeri 4
Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pola pembinaan disiplin pada
kedua SMA tersebut telah dijalankan sesuai dengan peraturan yang ada. Pembinaan
disiplin dilakukan dengan pendekatan persuasif, lewat pengawasan, membimbing
dan memberi pengarahan, dan pemberian sanksi sesuai tingkat pelanggaran.
(2) Cara pemberian motivasi pada kedua SMA tersebut telah berjalan dengan efektif,
namun tidak ada pemberian sertifikat, bonus, dan honor apabila para guru dan
personil sekolah menjalankan tugas yang dibebankan dengan baik. (3) Hubungan
perilaku antara personil sekolah di kedua SMA tersebut dilaksanakan dalam bentuk
interaksi formal dan informal, serta berjalan dengan kondusif. Hubungan kerja
terjalin lewat budaya kerja sama, budaya transparansi, budaya kepedulian, budaya
saling menghargai, dan kegiatan-kegiatan sekolah yang meningkatkan solidaritas para
personil sekolah. (4) Hambatan yang ditemukan pada kedua SMA tersebut dalam
meningkatkan kinerja adalah budaya disiplin kerja yang belum maksimal
diperlihatkan oleh para guru.
Kata kunci: Budaya Organisasi Sekolah dan Kinerja Guru
Tidak Tersedia Deskripsi
PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENGEMBANGAN BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH PADA SMP NEGERI 2 DARUL HIKMAH KABUPATEN ACEH JAYA (Muliadi, 2017)
PENGARUH ORGANISASI PEMBELAJARAN, GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN ACEH (MAISARAH, 2018)
KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDA ACEH (Aisarah Silma, 2019)
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMUNIKASI, KEPEMIMPINAN DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA DINAS PENGAIRAN PROVINSI ACEH (Aswandi Saputra, 2018)
KINERJA GURU DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA RNORGANISASI DI SMP NEGERI 1 TRIENGGADENG RNKABUPATEN PIDIE JAYA (Nurhayati, 2015)