KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH PADA SMP UNGGUL PIDIE JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH PADA SMP UNGGUL PIDIE JAYA


Pengarang

HUSNA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200050038

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Prog. Pascasarjana., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kompetensi manajerial kepala sekolah adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang kompetensi manajerial kepala sekolah dalam: 1) menyusun rencana kerja sekolah; 2) pelaksanaan rencana kerja sekolah; dan 3) pengawasan sekolah untuk meningkatkan kinerja sekolah pada SMP Unggul Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam menyusun rencana kerja sekolah sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari telah tersusunnya TPS, TPK, RKJM, RKS, RKT, RKAS, dokumen KTSP, panitia PPDB, struktur organisasi sekolah, dan struktur organisasi komite sekolah. 2) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam melaksanakan rencana kerja sekolah belum mencapai standar yang ditetapkan. Hal ini dapat dilihat dari manajemen sarana pendidikan, manajemen tata laksana sekolah, manajemen keuangan, dan pengorganisasian sekolah belum maksimal. Sedangkan manajemen kurikulum, manajemen kesiswaan, manajemen personalia, dan hubungan sekolah dengan masyarakat (humas) berjalan baik. 3) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam pengawasan kurang efektif. Hal ini dapat dilihat dari pengawasan pengelolaan kurikulum seperti supervisi guru, monitoring kelas, dan rencana tindak lanjut belum efektif.

Kata kunci: Kompetensi Manajerial dan Kinerja Sekolah

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK