Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
HUBUNGAN KUALITAS KOMUNIKASI DOKTER DAN PASIEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN YANG BEROBAT DI POLIKLINIK RSU DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH
Pengarang
Nailis Saadah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1107101010028
Fakultas & Prodi
Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kualitas komunikasi dokter dan pasien merupakan suatu hal yang sangat penting dan wajib dalam praktik kedokteran. Kualitas komunikasi yang baik antara dokter dan pasien akan menghasilkan kepuasan bagi pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas komunikasi dokter dan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien yang berobat di poliklinik RSU dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik observasional dengan desain cross sectional dan pengambilan sampel secara non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling dari tanggal 4 Agustus 20 September 2015. Responden berjumlah 87 orang. Data dikumpulkan melalui kuisioner dengan teknik wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan Kualitas komunikasi yang baik 56,3% dan kualitas komunikasi yang cukup baik 32,0% sedangkan kualitas komunikasi yang tidak baik 12,6%. Kepuasan pasien yang merasa puas terhadap kualitas komunikasi sebanyak 79,3% dan yang merasa tidak puas 20,7%. Hasil penelitian ini diuji dengan ujichi-square dan terdapat hubungan antara kualitas komunikasi dokter dan pasien (p=0,007) terhadap tingkat kepuasan pasien yang berobat di poliklinik RSU dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Disimpulkan terdapat hubungan antara kualitas komunikasi dokter dan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien.
Kata kunci: Kualitas komunikasi, kepuasan pasien.
Tidak Tersedia Deskripsi
HUBUNGAN KARAKTERISTIK PESERTA JKN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN DI POLIKLINIK BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (REZEKY AULYA, 2017)
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI DEPO FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (MASYITAH ISNAINI, 2022)
ANALISIS HUBUNGAN PELAYANAN INTERPERSONAL DAN KESINAMBUNGAN PELAYANAN DENGAN INDEKS KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RSUD TGK.CHIK DITIRO PIDIE (Nur Azmi, 2024)
HUBUNGAN PEKERJAAN DENGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH DI POLIKLINIK SARAF RSUDRNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Siti Aminah, 2023)
HUBUNGAN PEKERJAAN DENGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH DI POLIKLINIK SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Siti Aminah, 2016)