HUBUNGAN KUALITAS KOMUNIKASI DOKTER DAN PASIEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN YANG BEROBAT DI POLIKLINIK RSU DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

HUBUNGAN KUALITAS KOMUNIKASI DOKTER DAN PASIEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN YANG BEROBAT DI POLIKLINIK RSU DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH


Pengarang

Nailis Saadah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1107101010028

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kualitas komunikasi dokter dan pasien merupakan suatu hal yang sangat penting dan wajib dalam praktik kedokteran. Kualitas komunikasi yang baik antara dokter dan pasien akan menghasilkan kepuasan bagi pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas komunikasi dokter dan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien yang berobat di poliklinik RSU dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik observasional dengan desain cross sectional dan pengambilan sampel secara non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling dari tanggal 4 Agustus 20 September 2015. Responden berjumlah 87 orang. Data dikumpulkan melalui kuisioner dengan teknik wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan Kualitas komunikasi yang baik 56,3% dan kualitas komunikasi yang cukup baik 32,0% sedangkan kualitas komunikasi yang tidak baik 12,6%. Kepuasan pasien yang merasa puas terhadap kualitas komunikasi sebanyak 79,3% dan yang merasa tidak puas 20,7%. Hasil penelitian ini diuji dengan ujichi-square dan terdapat hubungan antara kualitas komunikasi dokter dan pasien (p=0,007) terhadap tingkat kepuasan pasien yang berobat di poliklinik RSU dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Disimpulkan terdapat hubungan antara kualitas komunikasi dokter dan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien.
Kata kunci: Kualitas komunikasi, kepuasan pasien.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK