Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN NON QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 3 PEUREULAK
Pengarang
Iqbal Khadafi Phonna - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0906102060021
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci : Hasil belajar, pembelajaran Quantum Teaching, Seni musik
Penelitian ini berjudul “ Perbandingan Hasil Belajar Seni Musik Dengan Menggunakan Model Quiantum Teaching dan Non Quantum Teaching di SMPN 3 Peureulak”. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perbandingan hasil belajar seni musik dengan menggunakan model Quantum Teaching dan dengan tidak menggunakan model Quantum Teaching di kelas VIII SMP N 3 Peureulak ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan hasil belajar seni musik pada siswa dengan menggunakan model Quantum Teaching dan dengan tidak menggunakan model Quantum Teaching pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mencoba menerapkan sebuah model yang baru dalam pembelajaran seni musik secara sistematis, faktual dan aktual. Lokasi penelitian ini di SMPN 3 Peureulak, dengan populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Peureulak berjumlah 120 siswa, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Peureulak sebanyak 2 kelas dengan rincian siswa ?VIII?_A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 17 orang dan siswa kelas ?VIII?_B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes terhadap dua sampel. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan statistik uji-t dengan taraf signifikan ? = 0,05. Dari perhitungan statistik tersebut. Maka diperoleh t_hitung = 3,29 sedangkan harga t_(tabel 0,95(33) )=1,69. Hal ini berarti bahwa harga t_hitungyang diperoleh dari hasil penelitian lebih besar dari pada harga t_(tabel,) maka dalam analisis data diperoleh nilai 3,29>1.69, maka peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari pada model pembelajaran non Quantum Teaching. Dilihat dari rata-rata masing-masing kelompok dapat diketahui bahwa rata-rata siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Quantum Teaching lebih besar dari nilai rata-rata siswa kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran non Quantum Teaching yaitu 80,67 > 75,38. Dengan demikian maka model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran non Quantum Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran seni musik di SMPN 3 Peureulak.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Rina Susanti, 2022)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI MUSIK BARAT TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI-BAHASA MAN 1 BANDA ACEH (Najla Meutia Putri, 2024)
PENCAPAIAN KETUNTASAN KLASIKAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Novita Uliati, 2018)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015)