Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENGARUH LAMA PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DI TK AL AZHAR BANDA ACEH
Pengarang
Syarifah Salsabila - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1207101010153
Fakultas & Prodi
Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
LatarBelakang: Perkembangananakpentingdiperhatikanoleh orang tua. Perkembangananakdipengaruhiolehfaktor internal daneksternal, faktoreksternaldiantaranyaadalahpenggunaangadgetpadaanak yang dapatmeningkatkanrisikogangguanperkembangan.
Tujuan: Untukmengetahuipengaruh lama penggunaangadgetterhadapperkembangananak di TK Al Azhar Banda Aceh.
Metode: Jenispenelitianiniadalahanalitikobservasionaldenganmetode cross-sectional.Total sampelberjumlah 70 orang dari 226 populasi yang dipilihsecarapurposive. Penelitiandilakukanpadatanggal17-21 November 2015.PerkembangananakdinilaidenganmenggunakanParents Evaluation of Developmental Status (PEDS) yang diisiolehibu yang memilikianak TK B yangmenggunakangadget di TK Al Azhar Banda Aceh.
Hasil:Anakyang menggunakangadget ?2 jam per hari berisiko tinggi mengalami gangguan perkembangan sebanyak 32,3%; berisiko sedang 55,6%; berisikorendah 80,0%;dantanpakekhawatiransebanyak 86,7%. Anak yang menggunakangadget>2 jam per hariberisikotinggimengalamigangguanperkembanganadalah 67,7%;berisikosedangsebanyak 44,4%;berisikorendah20,0%; dantanpakekhawatirangangguanperkembanganadalah 13,3%.
Kesimpulan: Terdapatpengaruhantara lama penggunaangadgetterhadapperkembangananak di TK Al Azhar Banda Aceh dengannilai(p=0,001).
Kata Kunci: Lama PenggunaanGadget, PerkembanganAnak, PEDS
Tidak Tersedia Deskripsi
HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KELAINAN REFRAKSI PADA ANAK SD ISLAM AL-AZHAR CAIRO BANDA ACEH TAHUN 2024 (ALIFIA ALAIDA ANHA, 2024)
GAMBARAN PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK YANG MENGGUNAKAN GADGET PADA USIA PRA-SEKOLAH DI TK BANDA ACEH (WIDYA SAFITRI, 2021)
PENGARUH GADGET TERHADAP INTERAKSI DAN PERUBAHAN PERILAKU ANAK USIA DINI DI GAMPONG RUMPET KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (MUNAWAR, 2018)
KONTROL ORANG TUA TERHADAP PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK PRA SEKOLAHRNUSIA 4-6 TAHUN (ANNISA NAZARIANI, 2024)
STRATEGI ORANGTUA DALAM MENGAWASI PENGGUNAAN GADGET BAGI ANAK USIA DINI DI GAMPONG RUKOH KOTA BANDA ACEH (MARIANA DEWI, 2024)