Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
CITRA JOKOWI DALAM PEMBERITAAN MEDIA METRO TV DAN TV ONE (STUDIKOMPARATIFTERHADAPPEMBERITAAN 100 HARIKINERJAJOKOWI-JK)
Pengarang
Hayatun Nufus - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1110102010062
Fakultas & Prodi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Citra Jokowi dalam Pemberitaan Media Metro TV dan TV One (Studi Komparatif Terhadap Pemberitaan 100 Hari Kinerja Jokowi – JK)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara Metro TV dan TV One mengkonstruksikan citra Jokowi dalam pemberitaan 100 hari masa kinerja Jokowi – JK. Penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Realitas. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif komparatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis framing model Robert N. Entman yang terdiri dari empat perangkat analisis yaitu define problems, diagnose causes, make moral judgement, dan treatment recommendation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Metro TV mengkonstruksikan realitas yang berbeda dengan TV One dalam menyajikan peristiwa 100 hari pemerintahan Jokowi – JK. Metro TV menunjukkan sikap keberpihakan terhadap pemerintahan Jokowi – JK termasuk mendukung semua kebijakan yang diambil oleh Jokowi. Sedangkan TV One menunjukkan sikap kontra terhadap pemerintahan Jokowi – JK, hal ini terlihat dari berbagai kritikan yang ditekankan dalam pemberitaan tentang 100 hari kinerja Jokowi – JK. Citra Jokowi yang dibentuk dalam media Metro TV merupakan citra positif sedangkan citra Jokowi yang dibentuk dalam Media TV One merupakan citra negatif.
Kata Kunci : Citra, Jokowi, Metro TV, TV One
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN JOKOWI TERHADAP CITRA DIRI JOKOWI PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH (GAMELAGA SIDDIK, 2020)
REPRESENTASI IDENTITAS DIRI JOKO WIDODO DI MEDIA SOSIAL (ANALISIS SEMIOTIKA PADA VIDEO NAJWA SHIHAB “RAHASIA KELUARGA JOKOWI: TABOK JOKOWI DI MATA KELUARGA (PART 6)” DI YOUTUBE) (YETRIANI, 2021)
POLITICAL BRANDING BASUKI TJAHAJA PURNAMA DALAM BERITA PENISTAAN AGAMA DI METRO TV (SITI SHARRAH DZUNDZA, 2018)
PENGARUH PERSONAL BRANDING JOKOWI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU PEMILIH MILENIAL DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH PADA PILPRES 2019 (NUR ARDILLA SYAFIRA, 2022)
OPINI MAHASISWA TENTANG ISU REKAM JEJAK POLITIK JOKOWI (STUDI KOMPARATIF AKUN @TRIOMACAN2000 DAN @TM2000BACK) (Cut Ainul Mardhiah, 2015)