ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII MTSS LAM UJONG ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII MTSS LAM UJONG ACEH BESAR


Pengarang

YENNI ZAHRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103020059

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: kesalahan siswa, operasi, bentuk aljabar.
Materi operasi bentuk aljabar merupakan konsep dasar yang perlu dipahami siswa. Materi operasi bentuk aljabar menjadi dasar dalam mempelajari materi matematika selanjutnya. Akan tetapi, siswa masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi bentuk aljabar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa dan penyebab terjadinya kesalahan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII1 MTsS Lam Ujong Aceh Besar yang berjumlah 21 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan memeriksa lembar jawaban siswa. Setelah data diperoleh, langkah selanjutnya adalah mengolah data untuk melihat adanya kesalahan yang dilakukan oleh siswa berdasarkan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII1 MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar adalah kesalahan dalam menggunakan konsep, kesalahan dalam menggunakan prinsip, dan kesalahan dalam bentuk verbal. Kesalahan dalam menggunakan konsep disebabkan siswa kurang paham tentang materi koefisien, variabel, konstanta dan suku sejenis, serta disebabkan siswa jarang mengulang materi yang berikan. Kesalahan dalam menggunakan prinsip disebabkan oleh siswa kurang paham cara menyederhanakan dan menentukan hasil suatu operasi bentuk aljabar. Sedangkan, kesalahan dalam bentuk verbal disebabkan siswa kurang paham cara menerjemahkan soal cerita kedalam bentuk model matematika serta kekurang telitian siswa dalam menyelesaikan soal. Implikasi kajian ini adalah perlu dilakukan penelitian lanjutan terhadap usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan oleh siswa seperti dapatan kajian ini. Penelitian lanjutan juga perlu dilakukan untuk mensiasati agar siswa tidak melakukan kesalahan yang sama.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK