PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODELING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SEMESTER 2 DI SMAN 11 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODELING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SEMESTER 2 DI SMAN 11 BANDA ACEH


Pengarang

QURRATUL AINI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103040024

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci: Model Modeling The Way (MTW), hasil belajar, aktivitas siswa
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Modeling The Way (MTW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
koloid kelas XI semester 2 di SMAN 11 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar, aktivitas dan tanggapan siswa terhadap penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe MTW pada materi koloid. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI IA- 3 yang berjumlah 26 siswa perempuan. Pengumpulan data
dilakukan melalui lembar observasi, tes, dan angket. Hasil tes, angket, dan lembar
observasi diolah dengan menggunakan rumus persentase. Nilai kognitif siswa
ditunjukkan oleh ketuntasan belajar. Ketuntasan belajar pada materi koloid setelah
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MTW sebesar 84,61%. Aktivitas
siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MTW pada
pertemuan pertama diperoleh hasil sebesar 95,83%, dan pertemuan kedua diperoleh
hasil sebesar 96,50%. Persentase siswa yang memberi respon positif terhadap
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe MTW sebesar 96,15%, dan tanggapan
negatif siswa sebesar 3,85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe MTW efektif diterapkan pada materi
koloid.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK