Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH
Pengarang
muthmainnah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1106103040081
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata Kunci: Model, discovery learning, hasil belajar, aktivitas, tanggapan siswa, hukum-hukum dasar kimia
Telah dilakukan penelitian yang berjudul penerapan model discovery learning pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, serta untuk mengetahui tanggapan siswa melalui penerapan model discovery learning pada materi hukum-hukum dasar kimia. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan pre-eksperiment. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X MIA 4 yang berjumlah 32 orang, terdiri atas 10 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes berupa soal pilihan ganda, observasi berupa lembar observasi aktivitas, sikap, dan keterampilan siswa, kemudian penyebaran angket yang berupa angket tanggapan siswa. Penelitian ini berfokus terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning pada materi hukum-hukum dasar kimia. Hasil belajar siswa mencakup tiga ranah yaitu: pengetahuan, keterampilan dan sikap adalah sebesar 84,37%, aktivitas siswa dengan menggunakan model discovery learning pada pertemuan I sebesar 74,58% dan meningkat pada pertemuan II sebesar 81,25% untuk tanggapan siswa terhadap model discovery learning pada materi hukum-hukum dasar kimia diperoleh persentase yaitu sebesar 77,68 %. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas serta tanggapan siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia di kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Rahmi Fartiwi, 2015)
PEMETAAN KONFLIK SOSIAL MASYARAKAT DI ACEH SELATAN (STUDI DESKRIPTIF KONFLIK SOSIAL MASYARAKAT DI KEMUKIMAN ALUE PAKU KECAMATAN SAWANG) (Indra Darmawan, 2017)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XI IA-3 MAN 3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Suparti, 2017)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH (Misbahul Vaizia, 2016)