PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH


Pengarang

muthmainnah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103040081

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Model, discovery learning, hasil belajar, aktivitas, tanggapan siswa, hukum-hukum dasar kimia

Telah dilakukan penelitian yang berjudul penerapan model discovery learning pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, serta untuk mengetahui tanggapan siswa melalui penerapan model discovery learning pada materi hukum-hukum dasar kimia. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan pre-eksperiment. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X MIA 4 yang berjumlah 32 orang, terdiri atas 10 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes berupa soal pilihan ganda, observasi berupa lembar observasi aktivitas, sikap, dan keterampilan siswa, kemudian penyebaran angket yang berupa angket tanggapan siswa. Penelitian ini berfokus terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning pada materi hukum-hukum dasar kimia. Hasil belajar siswa mencakup tiga ranah yaitu: pengetahuan, keterampilan dan sikap adalah sebesar 84,37%, aktivitas siswa dengan menggunakan model discovery learning pada pertemuan I sebesar 74,58% dan meningkat pada pertemuan II sebesar 81,25% untuk tanggapan siswa terhadap model discovery learning pada materi hukum-hukum dasar kimia diperoleh persentase yaitu sebesar 77,68 %. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas serta tanggapan siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia di kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK