HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH


Pengarang

Heriyansyah Putra - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103020025

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci : Hasil Belajar, Quantum Teaching, Barisan Aritmatika, Deret Aritmatika
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang belum memuaskan pada materi barisan dan deret aritmatika. Barisan dan deret aritmatika merupakan salah satu materi yang harus dikuasai oleh siswa, namun siswa masih mendapatkan kendala dalam memahami konsep materi tersebut, selain itu pada proses pembelajaran peran guru masih sangat dominan dibandingkan dengan siswa, untuk mengatasi masalah tersebut model pembelajaran Quantum Teaching merupakan salah satu alternatif yang dianggap paling tepat. Pada model pembelajaran Quantum Teaching siswa lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga model pembelajaran Quantum Teaching mempunyai peranan penting terhadap pemahaman materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini berjudul ”Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh” mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa yang diajarkan melalui model Quantum Teaching pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching pada materi Barisan dan Deret Aritmatika di kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reserch). Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh, sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas XIA3 yang berjumlah 21 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui tes yang berbentuk soal essay dan dianalisis dengan menggunakan uji-t, berdasarkan hasil pengolahan data pada taraf signifikan ? =0,05 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh belum mencapai ketuntasan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK