PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII10 SMP NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII10 SMP NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA


Pengarang

Nurmala - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006101140043

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Tujuan Penelitian adalah : untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VIII10 SMP Negeri 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya dengan menggunakan metode Kooperatif tipe Picture And Picture, dan untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode Kooperatif Tipe Picture And Picture pada mata pelajaran IPS mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII10 SMP Negeri 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture dalam pembelajaran IPS di kelas VIII10 SMP Negeri 1 Bandar Baru Pidie Jaya? Obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII10 SMP Negeri 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya tahun ajaran 2011/2012. Lokasi penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti adalah SMP Negeri 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII10. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,7%), siklus II (75%), siklus III (91,66%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif Tipe Picture And Picture dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa VIII10 SMP Negeri 1 Bandar Baru, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative ilmu pengetahuan sosial

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK