Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII10 SMP NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA
Pengarang
Nurmala - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006101140043
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Tujuan Penelitian adalah : untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VIII10 SMP Negeri 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya dengan menggunakan metode Kooperatif tipe Picture And Picture, dan untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode Kooperatif Tipe Picture And Picture pada mata pelajaran IPS mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII10 SMP Negeri 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture dalam pembelajaran IPS di kelas VIII10 SMP Negeri 1 Bandar Baru Pidie Jaya? Obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII10 SMP Negeri 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya tahun ajaran 2011/2012. Lokasi penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti adalah SMP Negeri 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII10. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,7%), siklus II (75%), siklus III (91,66%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif Tipe Picture And Picture dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa VIII10 SMP Negeri 1 Bandar Baru, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative ilmu pengetahuan sosial
Tidak Tersedia Deskripsi
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI APRESIASI TARI TRADISIONAL DAERAH SETEMPAT DI SMPN 5 BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Isnaniah, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE RNAND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWARNPADA KONSEP CACAT MATA KELAS VIIIARNMTSN BLANG RNBALEE KABUPATEN ACEH BARAT (Mizayanti, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS IV SD NEGERI 36 BANDA ACEH (Novia Faradilla, 2014)
PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 22 KOTA BANDA ACEH (husnul khatimah, 2014)
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI NILAI MATA UANG MELALUI TIPE PICTURE AND PICTURE DI SMPN 1 SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Muhammad Taib, 2013)