PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DAN IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DAN IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR


Pengarang

SURYATI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006101140102

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302 81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Hasil belajar siswa sering terdapat perbedaan antara pelajaran yang satu dengan
lainnya. Perbedaan hasil belajar disebabkan oleh faktor intern dan ekstern. Begitu
juga halnya dalam pembelajaran IPS dan IPA pada kelas VIII SMP kadang-kadang
terdapat perbedaan. Atas dasar itulah, maka penulis memilih judul penelitian ini:
“Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS dan IPA Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 2 Lembah Seulawah Aceh Besar.” Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimanakah perbandingan prestasi belajar mata pelajaran IPS dan IPA siswa
Kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah Seulawah Aceh Besar. Tujuan penelitian adalah
untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran IPS dan IPA siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Lembah Seulawah Aceh Besar. Hipotesis dalam penelitian ini
adalah terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran IPS dan IPA siswa kelas VIII
SMP Negeri 2 Lembah Seulawah Aceh Besar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat untuk menjadi bahan pertimbangan bagi guru IPS dan IPA dalam
meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Pengumpulan data skripsi ini
menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan) dan field research
(penelitian lapangan), dengan nara sumber yang terdiri dari guru IPS dan IPA dan
siswa SMPN 2 Lembah Seulawah Aceh Besar. Jumlah sampel sebanyak 40 orang
siswa kelas VIII SMPN 2 Lembah Seulawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS tidak lebih baik dibandingkan dengan
hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah
Seulawah. Berdasarkan nilai rata-rata rapor dan hasil perhitungan juga menunjukkan
tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran IPS
dengan hasil belajar mata pelajaran IPA. Faktor yang menentukan baik tidaknya hasil
belajar siswa ditentukan oleh faktor intern dan ekstern. Faktor intern menyangkut
dengan bakat, minat dan intelegensi siswa bersangkutan. Adapun faktor ekstern
menyangkut dengan faktor keluarga, sekolah dan masyarakat.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK