Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DAN IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR
Pengarang
SURYATI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006101140102
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.302 81
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Hasil belajar siswa sering terdapat perbedaan antara pelajaran yang satu dengan
lainnya. Perbedaan hasil belajar disebabkan oleh faktor intern dan ekstern. Begitu
juga halnya dalam pembelajaran IPS dan IPA pada kelas VIII SMP kadang-kadang
terdapat perbedaan. Atas dasar itulah, maka penulis memilih judul penelitian ini:
“Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS dan IPA Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 2 Lembah Seulawah Aceh Besar.” Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimanakah perbandingan prestasi belajar mata pelajaran IPS dan IPA siswa
Kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah Seulawah Aceh Besar. Tujuan penelitian adalah
untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran IPS dan IPA siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Lembah Seulawah Aceh Besar. Hipotesis dalam penelitian ini
adalah terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran IPS dan IPA siswa kelas VIII
SMP Negeri 2 Lembah Seulawah Aceh Besar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat untuk menjadi bahan pertimbangan bagi guru IPS dan IPA dalam
meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Pengumpulan data skripsi ini
menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan) dan field research
(penelitian lapangan), dengan nara sumber yang terdiri dari guru IPS dan IPA dan
siswa SMPN 2 Lembah Seulawah Aceh Besar. Jumlah sampel sebanyak 40 orang
siswa kelas VIII SMPN 2 Lembah Seulawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS tidak lebih baik dibandingkan dengan
hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah
Seulawah. Berdasarkan nilai rata-rata rapor dan hasil perhitungan juga menunjukkan
tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran IPS
dengan hasil belajar mata pelajaran IPA. Faktor yang menentukan baik tidaknya hasil
belajar siswa ditentukan oleh faktor intern dan ekstern. Faktor intern menyangkut
dengan bakat, minat dan intelegensi siswa bersangkutan. Adapun faktor ekstern
menyangkut dengan faktor keluarga, sekolah dan masyarakat.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OBSERVATION LEARNING DENGAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IS SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (NURMANSYAH PUTRA, 2020)
HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN MODEL GUIDED TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (ROMI AHMAINI, 2016)