HUBUNGAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

HUBUNGAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH


Pengarang

NURUL HADI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200180013

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : fakultas Magister Keperawatan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

HUBUNGAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN)
DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN
DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH
Oleh:
Nurul Hadi
NIM: 1309200180013
Komisi Pembimbing:
Dr. dr. Syahrul,Sp.S (K)
Dr. Hermansyah, SKM., MPH
ABSTRAK
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan jaminan perlindungan
kesehatan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
(BPJS) Kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan.
Program JKN mengatur tentang sosialisasi, sistem pembiayaan dan kepesertaan.
Untuk mengetahui program JKN sudah berjalan dengan baik atau tidak maka
perlu dilakukan evaluasi melalui tingkat kepuasan pasien. Kepuasan dapat ditinjau
dari dimensi SERVQUAL (Service Quality). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara Program JKN dengan kepuasan pasien pada
pelayanan Puskesmas Kota Banda Aceh. Penelitian bersifat analitik korelasional
dengan pendekatan cross sectional, dilakukan pada bulan Juni 2015 dengan teknik
convenience sampling terhadap 349 peserta JKN di 11 Puskesmas Kota Banda
Aceh. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara Program JKN
dengan kepuasan ( p=0.021 ) dan terdapat hubungan antara sosialisasi (p=0.003),
sistem pembiayaan ( p=0.001 ) dan kepesertaan ( p=0.003 ) Program JKN dengan
kepuasan pasien. Disarankan bagi BPJS Kesehatan bekerjasama dengan
Pemerintah untuk melakukan perbaikan pendataaan kepesertaan Program JKN.
Kata Kunci:
Program JKN, Kepuasan pasien, Pelayanan Puskesmas.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK