Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH
Pengarang
Salmiah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006103040031
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery
pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 5 Banda Aceh” ini
mengangkat masalah bagaimana hasil belajar dan sikap siswa dalam proses belajar
mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, sikap, dan
tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran guided discovery.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X-5 sebanyak 30 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan
20 orang perempuan. Penentuan sampel dilakukan secara random (random
sampling). Pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis, observasi sikap, dan angket
tanggapan siswa. Berdasarkan hasil tes objektif yang diberikan setelah pertemuan
berakhir, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 80%, menunjukkan bahwa
hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan secara klasikal. Hasil observasi sikap
siswa pada pertemuan I termasuk kedalam kategori cukup dan baik pada pertemuan
II, yaitu untuk sikap disiplin 21,22% pada pertemuan I dan 21,51% pada pertemuan
II, untuk sikap jujur 3,64% pada pertemuan I dan 6,77% pada pertemuan II, untuk
sikap kerjasama 10,25% pada pertemuan I dan 10,46% pada pertemuan II, dan untuk
sikap ketelitian hanya di nilai pada pertemuan II saja yaitu sebesar 12,5%.
Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran guided discovery
mendapat respon positif sebesar 94,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery dapat menambah ketuntasan hasil belajar siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMAN 9 BANDA ACEH (DWI MIFTAKHUL JANNAH, 2018)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (DEVI AULIA RACHMAYATI, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TIPE GUIDED DISCOVERY DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA 2 DI SMAN 16 BANDA ACEH (Saidatunnisa, 2017)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE CONSEPT MAPPING DENGAN MODEL DISCOVERY TIPE GUIDED DISCOVERY SISWA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Dina Nataya, 2018)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X MAN 3 BENER MERIAH (Rahayu Wulandari, 2018)