PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH


Pengarang

Salmiah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103040031

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery
pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 5 Banda Aceh” ini
mengangkat masalah bagaimana hasil belajar dan sikap siswa dalam proses belajar
mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, sikap, dan
tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran guided discovery.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X-5 sebanyak 30 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan
20 orang perempuan. Penentuan sampel dilakukan secara random (random
sampling). Pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis, observasi sikap, dan angket
tanggapan siswa. Berdasarkan hasil tes objektif yang diberikan setelah pertemuan
berakhir, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 80%, menunjukkan bahwa
hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan secara klasikal. Hasil observasi sikap
siswa pada pertemuan I termasuk kedalam kategori cukup dan baik pada pertemuan
II, yaitu untuk sikap disiplin 21,22% pada pertemuan I dan 21,51% pada pertemuan
II, untuk sikap jujur 3,64% pada pertemuan I dan 6,77% pada pertemuan II, untuk
sikap kerjasama 10,25% pada pertemuan I dan 10,46% pada pertemuan II, dan untuk
sikap ketelitian hanya di nilai pada pertemuan II saja yaitu sebesar 12,5%.
Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran guided discovery
mendapat respon positif sebesar 94,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery dapat menambah ketuntasan hasil belajar siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK