Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
MANAJEMEN PELAYANAN POSYANDU DI WILAYAH RNKERJA PUSKESMAS MONTASIKRNKABUPATEN ACEH BESAR
Pengarang
MUNANDAR - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1307101020137
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN
SKRIPSI
XII + 6 Bab + 62 Halaman + 9 Tabel + 1 Skema + 17 Lampiran
MUNANDAR
1307101020137
MANAJEMEN PELAYANAN POSYANDU DI WILAYAH KERJA
PUSKESMAS MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2015
ABSTRAK
Posyandu merupakan upaya kesehatan berbasis masyarakat yang dilakukan secara
rutin untuk menggerakkan anggota masyarakat lainnya dalam meningkatkan status
kesehatan balita melalui sistem 5 meja. Namun angka kesakitan balita masih
tergolong tinggi untuk beberapa penyakit yang dapat dicegah melalui imunisasi yang
dapat diperoleh dari kegiatan posyandu. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui manajemen pelayanan posyandu di wilayah kerja Puskesmas Montasik
Kabupaten Aceh Besar Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif,
tehnik pengambilan sampel total sampling dan jumlah populasi 30 orang.
Pengumpulan data dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Montasik Kabupaten Aceh
Besar pada tanggal 12 juni-16 juni 2015 menggunakan kuesioner yang terdiri dari 21
item pernyataan, dengan alternatif jawaban dichotomous. Hasil analisa data univariat
menunjukkan bahwa sebagian manajemen pengorganisasian pelayanan posyandu
berada pada kategori kurang baik yaitu sebanyak 16 responden (53,3%),
pengorganisasian pelayanan posyandu sebelum kegiatan berada pada katagori baik
yaitu sebanyak 20 orang (66,7%), saat kegiatan posyandu berada pada kategori baik
yaitu sebanyak 17 orang (56,7%), dan setelah kegiatan posyandu berada pada
kategori kurang baik yaitu sebanyak 24 orang (56,7%). Diharapkan kepada pihak
puskesmas untuk dapat lebih meningkatkan manajemen pelayanan posyandu
khususnya pada tahap pengawasan dan evaluasi terhadap kader agar dapat
menjalankan perannya dengan baik.
Kata Kunci: Manajemen Pelayanan Posyandu, Kader Posyandu
Daftar Pustaka: 30 buku, 5 Jurnal Penelitian (2000-2014)
vi
MINISTRY OF RESEARCH, TECHNOLOGY AND EDUCATION
SYIAH KUALA UNIVERSITY
NURSE FACULTY
SCRIPT
XII+ 6 chapters + 62 pages + 9 tables + 1 schema + 12 appendixes
MUNANDAR
1307101020137
ORGANIZING MANAGEMENT OF POSYANDU FACILITY AT LOCAL
GOVERNMENT CLINIC MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR
ABSTRACT
Posyandu (integrated service post) is an actual effort in medical province which is
regularly arranged on behalf of the community with the purpose of increasing their
awareness on the health status of children under five years old. It is performed
through 5 tables system. However, it was found that the number of sick children was
quite excessive for some illness that actually can be prevented through Posyandu.
This research was aimed to describe the organizing management of Posyandu facility
at local government clinic (Pusat Kesehatan Masyarakat / Puskesmas) Montasik. The
design of this research was descriptive explorative. It was conducted on June 12
th
to16
th
year 2015 at Puskesmas Montasik. The sample was 30 Posyandu members with
the sampling technique of total sampling. The instrument for collecting the data was
questionnaire that consisted on 21 statements in form of dichotomus. Result from
univariate analysis showed that most of organizing management of Posyandu facility
was generally in category of lacking with 16 respondents (53.3%). The result also
confirm that the organizing of Posyandu facility before carrying out the programmed
activity was in good category with 20 people (66,7%), in the middle of carrying out
the programmed activity was in good category with 26 people (86,7%) and after
carrying out the programmed activity was in good category with 24 people (80%). It
was expected that the health practitioner at Puskesmas give more attention on
Posyandu service especially in surveillance and evaluation stage toward the heads of
Posyandu in order to get the most out of Posyandu facility each month.
Key words: organizing management, Posyandu, Posyandu member
References: 30 books, 5 websites (2000-2014)
Tidak Tersedia Deskripsi
STUDI KOMPARATIF KINERJA KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG BINTANG DENGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM (SARINI VIVI YANTI, 2016)
MANAJEMEN PELAYANAN POSYANDU DI WILAYAH RNKERJA PUSKESMAS MONTASIKRNKABUPATEN ACEH BESAR (MUNANDAR, 2015)
FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI IBU MEMBAWA BALITA KE POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2012 (Rita Jumiati, 2022)
FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI IBU MEMBAWA BALITA KE POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2012 (RITA JUMIATI, 2014)
GAMBARAN DUKUNGAN KELUARGA DAN DUKUNGAN INFORMASI PADA LANSIA DALAM MENGIKUTI POSYANDU LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JEULINGKE BANDA ACEH (Wirza Zulfajri, 2016)