Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)RNPADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VII RNSMP NEGERI 8 BANDA ACEH
Pengarang
Khairun Nisak - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006103020035
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Hukum., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci : penerapan, model pembelajaran problem based learning (PBL),
statistika, hasil belajar
Kurikulum 2013 mengamanatkan pembelajaran dilaksanakan melalui
pendekatan scientific. Pada pendekatan scientific siswa diberi kesempatan untuk
memahami bahwa informasi dapat berasal dari mana saja dan kapan saja serta
diharapkan lebih mandiri. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan
mempermudah guru melaksanakan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang
disarankan dalam Kurikulum 2013 ialah Problem Based Learning (PBL). Model
pembelajaran PBL terdiri atas lima tahap yaitu (i) orientasi siswa pada masalah, (ii)
mengorganisasikan siswa, (iii) membimbing penyelidikan individual atau kelompok,
(iv) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan (v) menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penerapan model pembelajaran PBL
diharapkan membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran, untuk itu perlu dikaji
hasil belajar siswa setelah model pembelajaran PBL diterapkan. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan Model
Pembelajaran PBL pada materi Statistika di Kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang dijalankan
ialah Exprimental dengan desain one-shot case study. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh dan yang menjadi sampel adalah
siswa kelas VII
2
. Teknik pengumpulan data adalah data tes hasil belajar. Selanjutnya
data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan Model
Pembelajaran PBL pada materi Statistika di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh
dapat mencapai ketuntasan belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah menyarankan
kepada guru matematika untuk melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan
model pembelajaran PBL supaya dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk
membangun sendiri pemahamannya melalui pemecahan masalah yang dekat dengan
pengalamannya. Hal ini dapat membantu siswa mencapai ketuntasan belajar seperti
yang diharapkan.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Aulia Purma Irawan, 2023)
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)
PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016)
IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BANDA ACEH (Winda Handayani, 2018)
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN DI KELAS IV SD NEGERI 1 JEUMPET ACEH BESAR TAHUN 2022 (Putri khalidadziah, 2023)