Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 8 BANDA ACEH
Pengarang
RM Bambang S - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0809200050007
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Penerbit
Banda Aceh : prog. studi magister pendidikan., 2011
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.201 1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu peningkatan kinerja guru dan keberhasilan pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru yang tercermin dalam peningkatan disiplin, komitmen, tang.gang jawab, motivasi kerja dan kemampuan guru sebagai indikator kinerjanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, Teknik pengumpulan data digunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (I) Gaya kepemimpinan transaksional yang digunakan kepala sekolah memberikan kontribusi dalarm peningkatan disiplin guru SMP Negeri 8 Banda Aceh. Namun, masih terdapat beberapa orang guru yang memperihatkan perilaku yang kurang disiplin, seperti: (a) datang tidak tepat waktu e) sekolah; (b) tidak sepenuhya melaksanakan tugas mengajar sesuai dengan RPP; dan (c) tidak mengikuti sepenuhnya upacara bendera dan rapat-rapat sekolah; (2) Gaya kepemimpinan transformasional yang digunakan kepala sekolah memberikan kontribusi dalam peningkatan komitmen guru terhadap tugas, Namun, masih terdapat beberapa orang guru yang memiliki komitmen yang rendah terhadap tugas, meliputi: (a) rendahnya komitmen terhadap tugas yang diemban guru; (b) rendahnya komitmen terhadap sosio emosional yang dimiliki oleh guru; (c) rendahnya komitmen terhadap kesiapan, kematangan dan kerampuan yang dimiliki guru. (3) Gaya kepemimpinan transformasional yang digunakan kepala sekolah memberikan kontribusi dalam peningkatan tanggung jawab guru. Namun masih terdapat beberapa orang guru yang memiliki tanggung jawab rendah, yakni gr-gr yang kurang disiplin dan rendahnya komitmen terhadap tugas; (4) Gaya kepemimpinan transformasional yang digunakan kepala sekolah memberikan kontribusi dalam peningkatan motivasi kerja guru; (5) Gaya kepemimpinan transaksional yang digunakan kepala sekolah memberikan kontribusi dalam peningkatan kemampuan guru
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan dan Kinerja Guru.
Tidak Tersedia Deskripsi
GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM RNMENINGKATKAN KINERJA GURU PADA RNSD NEGERI LAMBARO ANGAN (SITI NURBAYA M. ALI, 2014)
GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU SDN 69 BANDA ACEH (ELIDAYATI, 2018)
GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI 56 KOTA BANDA ACEH (NURMIATI, 2019)
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 MUTIARA (rusli, 2015)
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMK NEGERI 2 BANDA ACEH (Safrida, 2014)