Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK KHALIFAH ACEH 3 BANDA ACEH
Pengarang
Rizki Hayani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Yuhasriati - 196612311991022001 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
2006104210012
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PG PAUD (S1)., 2025
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.114
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pendidikan agama dan moral perlu dikenalkan kepada anak sejak usia dini sebagai upaya untuk membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual dan sikap yang santun dalam berperilaku moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Khalifah Aceh 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 2 guru kelas A, dan 1 kepala sekolah. Adapun objek penelitian ini adalah strategi guru dalam menanamkan nilai agama dan moral anak usia dini. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi guru dalam menanamkan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Khalifah Aceh 3 Banda Aceh sudah berkembang dengan baik, melalui pembiasaan dan kegiatan rutinitas yang dilakukan oleh guru yaitu guru menyambut anak dengan mengucapkan salam, melibatkan anak dalam mempraktikkan gerakan beribadah, menggunakan corrective method (metode koreksi) yaitu mengoreksi perilaku anak yang masih keliru, mengajak anak menonton vidio tentang nilai agama dan moral yaitu menonton vidio kisah para nabi, vidio praktik shalat, dan juga vidio perilaku jujur, membiasakan anak dalam mengucap kalimat thayyibah yaitu basmallah, hamdalah, dan istighfar. Kegiatan lainnya yang dilakukan adalah bersedekah pada setiap hari Jum’at. Guru juga melakukan evaluasi penilaian pada anak didik menggunakan lembar penilaian yang dirangkum dalam bentuk rapor. Saran dalam penelitian ini yaitu penanaman nilai agama dan moral pada anak sangat penting dilakukan pada usia sebelum 6 tahun, anak usia dini cenderung lebih mudah mempraktikkan langsung apa yang diajarkan dan diteladaninya, sehingga proses internalisasi nilai agama dan moral dapat berlangsung secara lebih efektif dan membekas dalam perilaku mereka.
Religious and moral education needs to be introduced to children from an early age as an effort to form a generation that is not only academically intelligent, but also has spiritual intelligence and a polite attitude in moral behavior. This research aims to find out the teacher's strategy in instilling religious and moral values in early childhood at TK Khalifah Aceh 3 in Banda Aceh. This research used a qualitative approach with a descriptive research type. The subjects of this research are 2 grade A teachers, and 1 principal. The object of this research is the teacher's strategy in instilling religious and moral values in early childhood. The data in this study were obtained through observation and interview techniques. The results of this study indicate the teacher's strategy in instilling religious and moral values in early childhood at TK Khalifah Aceh 3 Banda Aceh has developed well, through habituation and routine activities carried out by the teacher, namely the teacher welcomes children by saying greetings, involving children in practicing worship movements, using (correction method), namely correcting children's behavior that is still wrong, inviting children to watch videos about religious and moral values, namely watching videos of the stories of the prophets, videos of prayer practices, and also videos of honest behavior, accustoming children to saying thayyibah sentences, namely basmallah, hamdalah, and istighfar. Another activity carried out is giving alms every Friday. Teachers also evaluate the assessment of students using an assessment sheet which is summarized in the form of a report card. The suggestions in this study are planting religious and moral values in children is very important to do at an age before 6 years, early childhood tends to be easier to practice directly what is taught and exemplified, so that the process of internalizing religious and moral values can take place more effectively and imprinted in their behavior.
STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AL-AZHAR CAIRO BANDA ACEH (ULFARIANI, 2022)
MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI PAUD NUR MISHQI COT SURUY ACEH BESAR (Evi Susanti, 2023)
STRATEGI PENGUATAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI KUTTAB AL-FATIH ACEH (Siti Raihana, 2020)
IMPLEMENTASI PROGRAM UNGGULAN TK INSAN TAUHID AL KHAIR BANDA ACEH DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA MORAL ANAK USIA DINI (Raudhatul Jannah, 2025)
PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DALAM KELUARGA BROKEN HOME (MAISARAH, 2019)