Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PEMBERDAYAAN GURU MELALUI SUPERVISI PENGAJARAN PADA SD KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Chairiah AR - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0809200050085
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Subject
Penerbit
Banda Aceh : prog. studi magister pendidikan., 2011
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.203
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Guru menjadi salah satu isu sentral dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan ujung tombak seluruh kegiatan pendidikan dan pengajaran, serta mempunyai peranan yang Sangat strategis dalarm meningkatkan kinerja guru. Banyak faktor yang dapat menentukan kinerja guru diantaranya adalah pemberdayaan guru melalui supervisi pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan guru melalui supervisi pengajaran pada SD dalam Kota Banda Aceh. Metode penelitian ini, menggunakan deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, Koordinator pengawas, dan Kepala Dinas Pendidikan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwe Program pemberdayaan Guru melalui supervisi pengajaran dalam peningkatan Sumber Daya Manusia, telah dilaksanakan oleh masing masing Kepala Sekolah, mempersiapkan program tahunan, program semester, pembelajaran setip bidang studi, menyusun silabus, menyusun RP, musyawarah guru
di gogus dan setiap bidang studi, kalender pendidikan, buku tulis dan alat tulis dan lain
lain yang dibutuhkan. Dampak supervisi pendidikan dalam peningkatan Sumber Daya Manusia, Kepala Sekolah sccara kontinyu mengaktitkan program kegiatan ggs (PKG) untuk membantu para gore-guru member peluang menyempurnakan dan melengkapi pembelajaran yang diperlukan. Strategi supervisor dalam membantu guru dalam proses pemberdayaan dilaksanakan dengan kegiatan yang bersifat memberikan bantuan sepenuhnya kepada para Guru untuk dapat mengembangkan kemampuannya melalui proses pembelajaran, meliputi keterampilan mengajar, dengan komitmen motivasi gun yang berkaitan erat dengan penilaian guru sebagai pendidik, melalui aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Strategi supervisor sebagai Kepala Sekolah Dasar yang telah membantu proses pemberdayaan para guru agar dapat dipertahank.an mutunya dan ditingkatkan di masa mendatang.
Kata Kunci : Pemberdayaan dan Supervisi pengajaran.
Tidak Tersedia Deskripsi
SUPERVISI PENGAWAS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA MIN MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (HANIFUDDIN JAMIN, 2015)
SUPERVISI AKADEMIK KEPALASEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DISMA NEGERI I BLANG PIDIE (Jalisal Efendi, 2017)
SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SD NEGERI 66 BANDA ACEH (NURUL AINIE, 2018)
PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI KOTA LHOKSEUMAWE (Sri wahyuni, 2025)
PEMBERDAYAAN GURU MELALUI SUPERVISI PENGAJARAN PADA SD KOTA BANDA ACEH (Chairiah AR, 2025)