PEMBERDAYAAN GURU MELALUI SUPERVISI PENGAJARAN PADA SD KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PEMBERDAYAAN GURU MELALUI SUPERVISI PENGAJARAN PADA SD KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Chairiah AR - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0809200050085

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : prog. studi magister pendidikan., 2011

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.203

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Guru menjadi salah satu isu sentral dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan ujung tombak seluruh kegiatan pendidikan dan pengajaran, serta mempunyai peranan yang Sangat strategis dalarm meningkatkan kinerja guru. Banyak faktor yang dapat menentukan kinerja guru diantaranya adalah pemberdayaan guru melalui supervisi pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan guru melalui supervisi pengajaran pada SD dalam Kota Banda Aceh. Metode penelitian ini, menggunakan deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, Koordinator pengawas, dan Kepala Dinas Pendidikan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwe Program pemberdayaan Guru melalui supervisi pengajaran dalam peningkatan Sumber Daya Manusia, telah dilaksanakan oleh masing­ masing Kepala Sekolah, mempersiapkan program tahunan, program semester, pembelajaran setip bidang studi, menyusun silabus, menyusun RP, musyawarah guru
di gogus dan setiap bidang studi, kalender pendidikan, buku tulis dan alat tulis dan lain­
lain yang dibutuhkan. Dampak supervisi pendidikan dalam peningkatan Sumber Daya Manusia, Kepala Sekolah sccara kontinyu mengaktitkan program kegiatan ggs (PKG) untuk membantu para gore-guru member peluang menyempurnakan dan melengkapi pembelajaran yang diperlukan. Strategi supervisor dalam membantu guru dalam proses pemberdayaan dilaksanakan dengan kegiatan yang bersifat memberikan bantuan sepenuhnya kepada para Guru untuk dapat mengembangkan kemampuannya melalui proses pembelajaran, meliputi keterampilan mengajar, dengan komitmen motivasi gun yang berkaitan erat dengan penilaian guru sebagai pendidik, melalui aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Strategi supervisor sebagai Kepala Sekolah Dasar yang telah membantu proses pemberdayaan para guru agar dapat dipertahank.an mutunya dan ditingkatkan di masa mendatang.

Kata Kunci : Pemberdayaan dan Supervisi pengajaran.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK