Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN TINGKAT STRES BELAJAR DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI ACEH JAYA
Pengarang
YUNYKA WIRA SAPITRI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Eri Riana Pertiwi - 198805112023212034 - Dosen Pembimbing I
Syarifah Rauzatul Jannah - 197702242002122001 - Dosen Pembimbing II
Sri Novitayani - 198011272015042002 - Penguji
Farah Dineva.R - 198910162020122002 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2112101010119
Fakultas & Prodi
Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2025
Bahasa
Indonesia
No Classification
613.043 3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Stres belajar dapat memberikan tekanan psikologis yang dialami remaja akibat tuntutan akademik, seperti beban tugas, tekanan nilai, dan ekspektasi tinggi dari orang tua serta lingkungan sekolah. Kondisi ini mendorong beberapa remaja memilih mekanisme pelarian negatif, seperti bermain game online secara berlebihan, yang berisiko menyebabkan kecanduan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat stres belajar dengan kecanduan game online pada remaja SMA di Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif korelatif, teknik pengumpulan sampel menggunakan proportionate random sampling dengan jumlah 180 responden. Data dikumpulkan menggunakan instrumen data demografi dan 2 kuesioner baku yaitu kuesioner Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) dan Internet Gaming Disorder (IGD-20). Metode Analisa data menggunakan analisis bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat stres belajar dengan kecanduan game online dengan nilai hasil uji korelasi yaitu P-value = 0,001. Hasil ini mengindikasikan bahwa stres belajar yang tinggi dapat memicu perilaku kecanduan game online sebagai bentuk coping yang kurang adaptif. Oleh karena itu, diharapkan pihak sekolah dapat menyediakan program konseling untuk mengedukasi dan membantu siswa agar dapat mengelola stres dan meningkatkan kesadaran siswa akan dampak kecanduan game online.
Academic stress can exert psychological pressure on adolescents due to academic demands, such as heavy workloads, grade expectations, and high parental and school expectations. This condition leads some adolescents to adopt negative coping mechanisms, such as excessive online gaming, which may result in addiction. This study aimed to analyze the relationship between academic stress levels and online game addiction among high school adolescent students in Aceh Jaya. A quantitative research method with a correlational descriptive design was employed. The sample was selected using proportionate random sampling, consisting of 180 respondents. Data were collected using demographic instruments and two standardized questionnaires: the Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) and the Internet Gaming Disorder Questionnaire (IGD-20). Data analysis was performed using bivariate analysis with the chi-square test. The results indicated a significant relationship between academic stress levels and online game addiction, with a correlation test result of P-value = 0.001. These findings suggest that high academic stress may trigger online game addiction as a form of maladaptive coping. Therefore, schools are encouraged to implement counselling programs to educate and support students in managing stress and increasing awareness of the impacts of online game addiction.
HUBUNGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ACEH BESAR (NURUL ARIESCHA, 2025)
HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN IDENTITAS DIRI, INTERAKSI SOSIAL DAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI KOTA LHOKSEUMAWE (Rahmat Muhazir, 2023)
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA DI KABUPATEN ACEH BARAT (Samsidar, 2023)
HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE POINT BLANK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA (HERI KURNIAWAN, 2020)
HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN DURASI WAKTU BERMAIN GIM ONLINE PADA REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BANDA ACEH (SYARIFAH MASTHURA, 2024)