GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI KABUPATEN ACEH TAMIANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI KABUPATEN ACEH TAMIANG


Pengarang

Fuady - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0492050058

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : prog. studi magister pendidikan., 2006

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Jenjang pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan institusi pendidikan yang mempengaruhi tingkat pendidikan selanjutnya dan menyiapkan sumber daya manusia dalam rangka mengisi kebutuhan tenaga kerja menengah, baik untuk memenuhi kebutuhan lokal maupun regional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pengelolaan Pendidikan di SMA Negeri Kabupaten Aceh Tamiang. Dalam meningkatkan kinerja guru sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis kualitatif. Data dan informasi dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang diperoleh dari 4 orang kepala sekolah, 20 orang guru 4 orang staf tata usaha sebagai responden penelitian. Hasil penclitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang dipergunakan para Kepala Sekolah amat bervariasi namun kesemuanya bermuara pada tipe kepemimpinan demokratis. Gaya atau perilaku kepemimpinan yang biasa dilakukan adalah : Gaya Kepemimpinan Legitimasi/Resmi; Gaya Kepemimpinan Organisatoris dan Administrator: Gaya Kepcmimpinan Pengembang dan Pembangun Organisasi; Gaya Kepemimpinan Transformasi; Gaya Kepemimpinan Visioner. Gaya Kepemimpinan Situasional, Gaya Kepemimpinan Pancasila dan Paternalistik. Hambatan yang dihadapi Kepala Sekolah saat menerapkan gaya kepemimpinannya dalam pengelolaan pendidikan adalah kurangnya motivasi guru dan peserta didik, sarana dan prasarana serta kurangnya dukungan masyarakat lingkungan. Berbagai usaha telah dilakukan Kcpala Sekolah untuk mengatasi hambatan tersebut. dalam mengambil keputusan Kepala Sekolah sangat mementingkan musyawarah, yang diwujudkan pada setiap unit. Setiap komponen tenaga kependidikan di sekolah merasakan kebutuhan akan kepentingan bersama dengan tanggung jawab bersama.

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Pengelolaan Pendidikan


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK