GAMBARAN KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PEMBELAJARAN PEMERIKSAAN FISIK PADA ANAK | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

GAMBARAN KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PEMBELAJARAN PEMERIKSAAN FISIK PADA ANAK


Pengarang

TARIZKA MEILISA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nova Fajri - 198711242019032020 - Dosen Pembimbing I
Sarini Vivi Yanti - 198403302011062101 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2112101010008

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2025

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pemeriksaan fisik anak merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai mahasiswa keperawatan khususnya pada tahap profesi keperawatan anak. Keunikan yang ada pada anak menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa, sehingga sangat penting untuk mengetahui kepuasan dan kepercayaan diri mahasiswa dalam melakukan pemeriksaan fisik agar dapat memberikan perawatan anak yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tingkat kepuasan dan kepercayaan diri mahasiswa dalam melakukan pemeriksaan fisik pada anak. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sebanyak 126 mahasiswa profesi keperawatan menjadi responden menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan dengan Student Satisfaction and Self- Confidence in Learning Questionnaire (SSCLQ) dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas mahasiswa puas dengan metode pembelajaran (50,8% setuju, 46,8% sangat setuju) dan materi yang diberikan (49,2% setuju, 48,4% sangat setuju). Namun, 4% merasa kurang puas dengan cara dosen mengajar. Dari segi kepercayaan diri, sebagian besar yakin pembelajaran mencakup materi penting (52,4% setuju, 46% sangat setuju), tetapi 6,3% merasa kurang memahami konsep dan 3,2% tidak yakin melakukan pemeriksaan fisik. Hasil ini mengindikasikan perlunya peningkatan pada aspek pengajaran dan pemahaman konsep. Dosen disarankan menggunakan metode interaktif dan memperbanyak keterpaparan dilahan praktik sejak dini (early clinical exposure).

Pediatric physical examination is a fundamental competency that nursing students, particularly those in the pediatric nursing profession phase, must master. The unique characteristics of children present specific challenges for students, making it essential to assess their satisfaction and self-confidence in performing physical examinations to ensure high-quality pediatric care. This study aimed to identify the level of satisfaction and self-confidence among nursing students in conducting pediatric physical examinations. A quantitative descriptive method with a cross-sectional design was used. A total of 126 nursing profession students participated as respondents through total sampling. Data were collected using the Student Satisfaction and Self-Confidence in Learning Questionnaire (SSCLQ) and analyzed descriptively. The results showed that the majority of students were satisfied with the learning methods (50.8% agreed, 46.8% strongly agreed) and the provided materials (49.2% agreed, 48.4% strongly agreed). However, 4% expressed dissatisfaction with the teaching methods of the lecturers. In terms of self-confidence, most students believed that the learning process covered essential materials (52.4% agreed, 46% strongly agreed), but 6.3% felt they had insufficient understanding of concepts, and 3.2% were not confident in performing physical examinations. These findings indicateD the need for improvements in teaching methods and conceptual understanding. Lecturers are encouraged to incorporate interactive teaching strategies and increase early clinical exposure in practice settings.

Citation



    SERVICES DESK