Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PERAN SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR
Pengarang
Risnawati - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0509200050034
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S2) / PDDIKTI : 61101
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2007
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.203 092
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Peran supervisor merupakan salah satu bentuk pengawasan dalam menunjang penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai hasil yang optimal. Supervisi pendidikan di sekolah adalah salah satu usaha untuk pembinaan terhadap kepala sekolah dan guru sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui usaha yang dilakukan supervisor dalam pembinaan, peranan dan pengawasan sekolah untuk meningkatkan mutu dan pelayanan pendidikan. Subjek penelitian adalah pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru. Penelitian ini dilakukan, melalui metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan tehnik observasi, wawancaura, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan langkah-langkah reduksi data, pengorganisasian data, penafsiran data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran supervisor di sekolah merupakan cara pengelolaan sekolah dengan melibatkan seluruh komponen yang ada dalarn lembaga pendidikan yang diharapkan mampu mendorong terwujudnya pendidikan bermutu, hal ini penting dalam pembinaan yang dilakukan oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah melalui sosiaiasasi dengan adanya program yang jelas, terencana dan terukur. Pengawas dan kepala sekolah pada SMP Negeri 3 lngin Jaya Kabupaten Aceh Besar masih belum optimal dalam melakukan pembinaan terhadap guru baik dari teknis dan metode untuk mengintensifkan serta melibatkan diri dalam kegiatan rutin sekolah sesuai tugas dan wewenang masing-masing. Peran supervisor bisa berjalan efektif apabila pengawas dan kepala sekolah betu-betul menerapkan manajemen pendidikan yang sesuai dengan tingkat kebutuhan permasalahan yang dihadapi guru serta konsisten terhadap tugas dan wewenangnya dengan memberikan contoh teladan yang baik, hal ini masih sangat sedikit yang dapat terlaksana dalam pembinaan terhadap kinerja guru.
Kata kunci : Supervisor Pendidikan, Kinerja, dan Guru
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI, IKLIM ORGANISASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (IBNU SALDA, 2019)
PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI 9 LUT TAWAR ACEH TENGAH (Lina Risa Rezeki, 2018)
PERAN SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Risnawati, 2025)
PERAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DAN PENGAWAS SEKOLAH MENENGAH DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Bakri, 2015)
PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Safna Ananda Al-Azhimma, 2020)