PERAN SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PERAN SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Risnawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0509200050034

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S2) / PDDIKTI : 61101

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2007

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.203 092

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Peran supervisor merupakan salah satu bentuk pengawasan dalam menunjang penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai hasil yang optimal. Supervisi pendidikan di sekolah adalah salah satu usaha untuk pembinaan terhadap kepala sekolah dan guru sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui usaha yang dilakukan supervisor dalam pembinaan, peranan dan pengawasan sekolah untuk meningkatkan mutu dan pelayanan pendidikan. Subjek penelitian adalah pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru. Penelitian ini dilakukan, melalui metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan tehnik observasi, wawancaura, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan langkah-langkah reduksi data, pengorganisasian data, penafsiran data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran supervisor di sekolah merupakan cara pengelolaan sekolah dengan melibatkan seluruh komponen yang ada dalarn lembaga pendidikan yang diharapkan mampu mendorong terwujudnya pendidikan bermutu, hal ini penting dalam pembinaan yang dilakukan oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah melalui sosiaiasasi dengan adanya program yang jelas, terencana dan terukur. Pengawas dan kepala sekolah pada SMP Negeri 3 lngin Jaya Kabupaten Aceh Besar masih belum optimal dalam melakukan pembinaan terhadap guru baik dari teknis dan metode untuk mengintensifkan serta melibatkan diri dalam kegiatan rutin sekolah sesuai tugas dan wewenang masing-masing. Peran supervisor bisa berjalan efektif apabila pengawas dan kepala sekolah betu-betul menerapkan manajemen pendidikan yang sesuai dengan tingkat kebutuhan permasalahan yang dihadapi guru serta konsisten terhadap tugas dan wewenangnya dengan memberikan contoh teladan yang baik, hal ini masih sangat sedikit yang dapat terlaksana dalam pembinaan terhadap kinerja guru.

Kata kunci : Supervisor Pendidikan, Kinerja, dan Guru

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK