HUBUNGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ACEH BESAR


Pengarang

NURUL ARIESCHA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Imelda - 198111172006042003 - Dosen Pembimbing I
Nova Fajri - 198711242019032020 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2112101010092

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2025

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.154

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pada masa pubertas atau masa menjelang dewasa, remaja mengalami banyak pengaruh dari luar yang menyebabkan remaja terbawa pengaruh oleh lingkungan sekitar seperti bermain game online. Remaja yang memiliki intensitas tinggi dalam bermain game online, memungkinkan memicu timbulnya motivasi belajar yang menurun.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecanduan bermain game online dengan motivasi belajar remaja di Sekolah Menengah Atas Aceh Besar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif korelasi dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya dan sampel penelitian berjumlah 127 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Game Addiction Scale for Adolescent (GASA) dan Motivasi Belajar. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden dengan kecanduan bermain game online sedang sebanyak 67 responden (52,8%) dan mayoritas motivasi belajar rendah sebanyak 94 responden (74,0%). Sehingga memiliki hubungan kecanduan bermain game online terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Aceh Besar yang ditunjukkan dari nilai p value (0,000) < α (0,05). Maka dari itu diharapkan siswa bisa memanfaatkan dan mengatur waktu dengan baik antara waktu untuk bermain game dengan waktu belajar.

During puberty or the transition to adulthood, adolescents are exposed to various external influences, including online gaming, which may significantly affect their behavior. Adolescents with a high intensity of online gaming are at risk of experiencing a decline in learning motivation. This study aimed to examine the relationship between online gaming addiction and learning motivation among adolescents in senior high schools in Aceh Besar. A descriptive correlational research design with a cross-sectional approach was used. The study population included all tenth and eleventh-grade students at State Senior High School 1 of Krueng Barona Jaya, with a total sample of 127 respondents. Data were collected using the Game Addiction Scale for Adolescents (GASA) and a Learning Motivation Questionnaire. The results indicated that the majority of respondents, 67 students (52.8%) had a moderate level of online gaming addiction, while most respondents, 97 students (74.0%) exhibited low learning motivation. The relationship was found between online gaming addiction and learning motivation, as indicated by a p-value of 0.000 (< α 0.05). These finding suggests the need for students to manage their time effectively, balancing gaming activities with study time to maintain academic motivation.

Citation



    SERVICES DESK