PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TUTUP BOTOL PINTAR PADA PELAJARAN SEJARAH SMAN 13 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TUTUP BOTOL PINTAR PADA PELAJARAN SEJARAH SMAN 13 BANDA ACEH


Pengarang

Surianti - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Sakdiyah - 196412311992032011 - Dosen Pembimbing I
Abdul Azis - 199107042021021101 - Dosen Pembimbing II
T. Bahagia Kesuma - 198906262019031014 - Penguji
Nurasiah - 197612312005012002 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1906101020002

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Sejarah., 2025

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Surianti. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Pada Pelajaran Sejarah SMAN 13 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Dra. Sakdiyah, M.Si., dan Abdul Azis, S.Pd. M.Pd.
Penelitian ini dilakukan karena masih banyak guru yang belum memaksimalkan media dalam proses pembelajaran. Media Tutup Botol Pintar ini merupakan media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dari media aslinya ke dalam bentuk yang lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran, kelayakan media pembelajaran tutup botol pintar dan respon siswa di SMAN 13 Banda Aceh tentang pembelajaran tutup botol pintar pada mata pelajaran sejarah, jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) yang dikembangkan 5 langkah model ADDIE. Adapun populasi yaitu seluruh kelas XI yang terdiri dari 2 kelas XI IPS, XI IPA, sedangkan sampelnya yaitu kelas XI IPS IPS. Penelitian ini dikembangkan dengan lima langkah model ADDIE, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan kepada para ahli, hasil validasi materi memperoleh hasil sebesar 94% dengan kategori “Sangat Baik”, dan untuk validasi media memperoleh sebesar 90,29% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan validasi materi dan media yang telah dilakukan media yang dikembangkan telah layak diimplementasikan. Adapun untuk hasil respon siswa didapatkan persentase sebesar 80% dengan kategori “layak”. Dengan demikian produk media pembelajaran tutup botol pintar pada pelajaran sejarah SMAN 13 Banda Aceh dengan materi “Perkembangan Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia” yang dibuat oleh peneliti layak digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.

Kata Kunci : Media Pembelajaran,Tutup Botol Pintar, Sejarah, Pengembangan Model ADDIE

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK