Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA MINIATURE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 10 ACEH BARAT DAYA
Pengarang
MURTINA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Husaini - 196012311986031032 - Dosen Pembimbing I
Muhammad Haikal - 198808302017031101 - Dosen Pembimbing II
Nurasiah - 197612312005012002 - Penguji
Mawardi - 196803281993031001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1806101020035
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Sejarah., 2025
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Murtina (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Miniature Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 10 Aceh Barat Daya.
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Miniature Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 10 Aceh Barat Daya”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true exsperimental design berbentuk pottest-only control design yang mana terdapat dua kelas. Adapun yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 82 orang. Sampel pada penelitian ini ialah seluruh kelas siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 15 siswa yang diberi perlakuan berupa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan media Miniature dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 15 siswa yang tidak diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan angket. Pada teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test independent sampel t-test dan persentase. Hasil penelitian di peroleh nilai thitung 5,250 dan nilai ttabel pada taraf a = 0,05 dengan df = 28 adalah 2,048 berarti thitung > dari ttabel atau 5,250 > 2,048 pada taraf signifikansi (a) 5%. Oleh karena itu, sesuai kriteria pengujian maka H0 di tolak dan Ha di terima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran STAD berbantuan media Miniature ditinjau dari minat belajar. Persentase respon siswa memperoleh kategori “Sangat baik” memperoleh presentase sebanyak 93,3%, hasil ini merupakan nilai yang besar dibandingkan pilihan jawaban yang lain. Maka dengan begitu penggunaan model pembelajaran STAD berbantuan Miniature berpengaruh positif terhadap minat belajar sejarah.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan Media Miniature, Minat Belajar
Murtina (2025). The Influence of the STAD (Student Team Achievement Division) Cooperative Learning Model Assisted by Miniature Media on Students' Interest in Learning in Class XI History Lessons at SMA Negeri 10 Aceh Barat Daya. This research is entitled "The Influence of the STAD (Student Team Achievement Division) Cooperative Learning Model Assisted by Miniature Media on Students' Interest in Learning in Class XI History Lessons at SMA Negeri 10 Aceh Barat Daya". The approach used in this research is a quantitative approach with a true experimental design type of research in the form of a pottest-only control design in which there are two classes. The population in this research was all class XI students, totaling 82 people. The sample in this study was the entire class of students from class Data collection techniques used were observation and questionnaires. The data analysis technique uses the normality test, homogeneity test, independent sample t- test and percentage. The results of the research obtained a tcount value of 5.250 and a ttable value at level a = 0.05 with df = 28 which was 2.048, meaning tcount > than ttable or 5.250 > 2.048 at a significance level (a) of 5%. Therefore, according to the testing criteria, H0 is rejected and Ha is accepted. This means that there is a significant difference between the use of the STAD learning model assisted by Miniature media in terms of learning interest. The percentage of student responses in the "Very good" category was 93.3%, this result is a large value compared to the other answer choices. So, the use of the STAD learning model assisted by Miniature has a positive effect on interest in learning history. Keywords: Student Team Achievement Division Learning Model assisted by Miniature Media, Interest in Learning
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN FUNGSI DI KELAS VIII SMPN 1 BAITUSSALAM (royki rosmandi, 2014)
HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN STAD PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ARDIAN, 2014)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD PADA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Basdillan Karnova, 2014)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA (INDAH KHAIRANI, 2014)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA ARCHERY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 MUTIARA (SYAHRUN MUBARAK, 2023)