Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH
Pengarang
Ida Nursanty - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0706103020060
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2011
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.102
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Operasi pecahan merupakan salah satu materi pokok dalam matematika. Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi ini, apalagi konsep materi operasi pecahan bukanlah materi hafalan, dikhawatirkan akan mengalami kesulitan dalam memahami dan mencapai ketuntasan materi selanjutnya. Salah satu pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa dalam membangun sendiri pemahamannya adalah pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Inilah alasan penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Operasi Pecahan di Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui diterapkannya pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi operasi pecahan di kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 3 Banda Aceh sebanyak 34 siswa. Ketercapaian penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning didasarkan pada tes hasil belajar, soal yang diberikan berbentuk essay. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen dan rancangan penelitian one shot case study. Ketuntasan belajar secara klasikal pada materi operasi pecahan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning berdasarkan KKM yang ditetapkan sekolah SMP Negeri 3 Banda Aceh adalah sebanyak 28 siswa (82,35%), dengan rata-rata 76,79. Sedangkan hasil pengolahan data dengan menggunakan statistik uji-t, diperoleh nilai thitung = 4,30 dan ttabel = 1,70 atau thitung > ttabel dengan taraf signifikan 5%. Ini menunjukkan thitung berada pada daerah penolakan H0 dan terima H1. Dengan demikian berdasarkan kriteria pengujian dapat disimpulkan: “Melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi operasi pecahan“.
Tidak Tersedia Deskripsi
TEACHING SPEAKING SKILL BY USING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Khairun Nisa, 2021)
THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)
THE APPLICATION OF CONTEXTUAL TEACHING ANO LEARNING APPROACH IN WRITING SKILL AT JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Intan Rizki, 2021)
APPLYING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING METHOD IN TEACHING WRITIN G FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Soraya, 2021)
THE APPLICATION OF CONTEXTUAL TEACHIN G AND LEARNING IN TEACHING READING TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Cantrini Dita Algara, 2021)