KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL CHANGE TEXT (CCT) DALAM MENCEGAH MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL CHANGE TEXT (CCT) DALAM MENCEGAH MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA


Pengarang

Fauzannur - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Sulastri - 196808111992032001 - Dosen Pembimbing I
M. Hasan - 196812311993031018 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1709200170037

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Pendidikan IPA (S2) / PDDIKTI : 84101

Penerbit

Banda Aceh : Prog.Studi Magister Pendidikan IPA., 2025

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Rendahnya minat belajar kimia disebabkan masih ada beberapa siswa yang mempunyai konsepsi berbeda sehingga mengakibatkan terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi siswa pada materi larutan Penyangga pada kelas eksperimen dan kelas kontrol serta efektivitas model pembelajaran conseptual change text (CCT) dalam mencegah miskonsepsi siswa pada materi larutan Penyangga di SMAN 1 Seulimeum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen yang dirancang dengan desain posttest only control group design. Teknik pemilihan sampel ditentukan dengan pertimbangan tertentu karena pada kelas XI IPA hanya terdapat dua kelas, sehingga kedua kelas tersebut dijadikan sampel dalam penelitian ini. Jadi sampel penelitian yang diambil adalah kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang berjumlah 34 dan 30 siswa, sehingga kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes diagnostik pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan four tier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat miskonsepsi peserta didik pada materi larutan penyangga kelas eskperimen lebih rendah dibandingkan miskonsepsi peserta didik pada kelas kontrol. Keefektifan model pembelajaran Conceptual Change Text (CCT) dapat mencegah miskonsepsi peserta didik pada materi larutan penyangga dibandingkan model pembelajaran direct instruction pada kelas kontrol. Hasil analisis data membuktikan bahwa setelah diterapkan model CCT, miskonsepsi siswa pada kelas Kontrol 19 % dan pada kelas eksperimen 2,6 % . Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa model CCT signifikan dalam mencegah miskonsepsi peserta didik atau terdapat perbedaan miskonsepsi peserta didik setelah menerapkan model CCT dibandingkan model pembelajaran direct instruction.
Kata Kunci: Model Pembelajaran conseptual change text & Pencegahan Miskonsepsi

The low interest in learning chemistry is because there are still some students who have different conceptions, resulting in misconceptions. This study aims to determine the level of students' misconceptions about the buffer solution material in the experimental class and control class and the effectiveness of the conceptual change text (CCT) learning model in preventing students' misconceptions about the buffer solution material at SMAN 1 Seulimeum. The method used in this study is a quasi-experimental designed with a posttest only control group design. The sample selection technique was determined with certain considerations because there were only two classes in class XI IPA, so the two classes were used as samples in this study. So the research sample taken was class XI IPA1 and XI IPA2, totaling 34 and 30 students, so class XI IPA1 was the experimental class and class XI IPA2 the control class. The instrument used is in the form of multiple-choice diagnostic test questions. The data analysis technique used four tier. The results of the research showed that the level of students' misconceptions in the buffer solution material in the experimental class was lower than the students' misconceptions in the control class. The effectiveness of the Conceptual Change Text (CCT) learning model can prevent students' misconceptions about buffer solution material compared to the direct instruction learning model in the control class. The results of data analysis prove that after implementing the CCT model, students' misconceptions in the control class were 19% and in the experimental class 2.6%. The results of hypothesis testing prove that the CCT model is significant in preventing students' misconceptions or that there are differences in students' misconceptions after implementing the CCT model compared to the direct instruction learning model. Keywords: Learning Model Conceptual Change Text & Preventing Misconceptions

Citation



    SERVICES DESK