PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN LITERASI DI MASA TRANSISI PAUD-SD DI SD NEGERI 1 LAMBHEU KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN LITERASI DI MASA TRANSISI PAUD-SD DI SD NEGERI 1 LAMBHEU KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

RITA SYAFIRA SN - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nurmasyitah - 198505072010122004 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

2106104040094

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Guru Sekolah Dasar., 2025

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Rita Syafira SN (2024). Peran Guru Dalam Pembelajaran Literasi Di Masa Transisi PAUD-SD Di SD Negeri 1 Lambheu Kabupaten Aceh Besar. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Nurmasyitah, S.Pd, M.Ed., dan Hasniyati, M.Pd.

Dalam proses pembelajaran, guru memiliki peran penting dalam pembelajaran literasi dimasa transisi PAUD-SD. Pada masa transisi terdapat perbedaan dalam tingkat kesiapan siswa, baik dalam keterampilan membaca maupun menulis. Selain itu, keterbatasan sarana prasarana seperti buku bacaan dan minimnya variasi strategi membaca yang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran literasi. Permasalahan dalam penelitian ini “Bagaimanakah Peran Guru Dalam Pembelajaran Literasi di Masa Transisi PAUD-SD di SD Negeri 1 Lambheu Kabupaten Aceh Besar?”. Bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam pembelajaran literasi di masa transisi PAUD-SD di SD Negeri 1 Lambheu Kabupaten Aceh Besar. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan peran guru dalam pembelajaran literasi di masa transisi PAUD-SD di SD Negeri 1 Lambheu Kabupaten Aceh Besar, sudah memenuhi perannya sebagai guru dalam pembelajaran literasi. Guru telah berupaya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga siswa berpartisipasi aktif dalam kelas. Namun, ditemukan tidak adanya variasi strategi membaca yang diterapkan oleh guru. Selain itu, tidak adanya tim literasi sekolah dan kurangnya kolaborasi dengan pihak eksternal dalam kegiatan literasi. Penelitian ini menyarankan agar guru memvariasikan strategi membaca sesuai dengan kebutuhan individual siswa agar mendukung dalam proses pembelajaran literasi. Penyediaan buku pengayaan dan pemanfaatan perpustakaan secara aktif perlu ditingkatkan untuk menunjang keberhasilan pembelajaran literasi.

Kata kunci: peran guru, pembelajaran literasi, masa transisi PAUD-SD.

Rita Syafira SN (2024). The Role of Teachers in Literacy Learning during Transition Early Chilhood Education To Elementary School at SD Negeri 1 Lambheu, Aceh Besar Regency. [Thesis. Syiah Kuala University]. Under direction of Nurmasyitah, S.Pd, M.Ed., and Hasniyati, M.Pd. In the learning process, teachers have an important role in literacy learning during the PAUD-SD transition. In the transition, period there are differences in the level of student readiness, both in reading and writing skills. In addition, limited infrastructure such as reading books, and the lack of a variety of reading strategies teachers apply in the literacy learning process. The problem in this study “How is the Teacher's Role in Literacy Learning in the PAUD-SD Transition Period at SD Negeri 1 Lambheu, Aceh Besar District?” It aims to examine the role of teachers in literacy learning in the PAUD-SD transition period at SD Negeri 1 Lambheu in Aceh Besar District. The approach used in this research is qualitative with descriptive research. The results of this study show that the role of teachers in literacy learning in the PAUD-SD transition period at SD Negeri 1 Lambheu, Aceh Besar District, has fulfilled its role as a teacher in literacy learning. Teachers have tried to create a conducive learning environment so that students actively participate in class. However, it was found that teachers did not apply a variety of reading strategies. In addition, there was no school literacy team and a lack of collaboration with external parties in literacy activities. This study suggests that teachers vary reading strategies according to student's individual needs to support the literacy learning process. The provision of enrichment books and active library utilization need to be improved to support the success of literacy learning. Keywords: teachers' roles, literacy learning, early childhood transition.

Citation



    SERVICES DESK