Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN FIELD TRIP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA DALAM KABUPATEN ACEH BARAT DAYA
Pengarang
Febri ulfia - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Hafnati Rahmatan - 196808231993032004 - Dosen Pembimbing I
Wiwit Artika - 198206102009122006 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2006103010107
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Biologi., 2025
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Febri Ulfia. (2024). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Field Trip Berbasis
Problem Based Learning pada Materi Ekosistem Di SMA dalam Kabupaten Aceh
Barat Daya. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Dr. Hafnati
Rahmatan, M.Si., dan Dr. Wiwit Artika, S.Si., M.Ed.
Pembelajaran Field trip merupakan salah satu metode pembelajaran dengan
pelaksanaan di luar kelas atau outdoor dengan mendatangi lokasi yang telah
ditentukan. Namun metode ini masih jarang digunakan oleh guru karena ada beberapa
kendala dalam pelaksanaan. Oleh karena itu perlu diketahui persepsi guru terhadap
pelaksanaan pembelajaran Field trip agar pembelajaran tersebut dapat terlaksana
dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap
pembelajaran Field trip berbasis Problem based learning pada materi ekosistem.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan
kualitatif. Objek penelitian ini adalah guru-guru Biologi di SMA dalam Kabupaten
Aceh Barat Daya. Parameter penelitian ini adalah persepsi guru yang sudah dan yang
belum pernah melaksanakan pembelajaran metode Field trip. Pengumpulan data
dilakukan dengan membagikan lembar angket tentang persepsi guru-guru Biologi
beserta wawancara tentang peluang dan tantangan pelaksanaan Field trip. Analisis
data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa rerata persepsi
guru terhadap pembelajaran Field trip berbasis Problem based learning memperoleh
capaian persentase sebesar 82,22% dengan kategori sangat baik berdasarkan indikator
planning, pedagogy dan outcomes. Hasil wawancara mengenai pembelajaran Field
trip disebut bahwa pembelajaran Field trip cukup dapat memberikan pengalaman
baru serta meningkatkan motivasi belajar bagi peserta didik dan menambah
wawasannya, tetapi terdapat tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran Field trip
berupa prosedur pelaksanaan, sulitnya mendapatkan persetujuan kepala sekolah dan
izin orang tua, membutuhkan biaya yang besar serta memerlukan banyak waktu.
Simpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran Field trip berbasis Problem based
learning memiliki kategori sangat baik, meskipun memiliki beberapa tantangan dan
kendala dalam pelaksanaannya.
Kata Kunci: Field trip, Persepsi, Tantangan.
ABSTRACT Febri Ulfia. (2024). Teachers’ Perceptions Toward Field Trip Learning Based on Problem Based Learning on Ecosystem Material at SMA in the Regency Aceh Barat Daya. [Script. Universitas Syiah Kuala]. Under direction of Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si., and Dr. Wiwit Artika, S.Si., M.Ed. Field trip learning is one of the learning methods implemented outside the classroom or outdoors by visiting a predetermined location. However, this method is still rarely used by teachers because there are several obstacles in the implementation. Therefore, it is necessary to know the teacher's perception of the implementation of Field trip learning so that the learning can be carried out properly. This study aims to determine the teacher's perception of Field trip learning based on Problem based learning on ecosystem material. This study was conducted using a survey method with a quantitative and qualitative approach. The object of this study was Biology teachers in SMA in the regency Aceh Barat Daya. The parameters of this study were the perceptions of teachers who had and had not implemented the Field trip method of learning. Data collection was carried out by distributing questionnaires about the perceptions of Biology teachers along with interviews about the opportunities and challenges of implementing Field trips. Data analysis used a percentage formula. The results of the study showed that the average teacher perception of Field trip learning based on Problem Based Learning achieved a percentage of 82.22% with a very good category based on the planning, pedagogy and outcomes indicators. The results of the interview regarding Field trip learning stated that Field trip learning can provide new experiences and increase learning motivation for students and increase their insight, but there are challenges in implementing Field trip learning in the form of implementation procedures, difficulty in obtaining approval from the principal and parental permission, requiring large costs and requiring a lot of time. The conclusion of this study is that the Field trip learning based on Problem based learning is in very good category, hovever it has several challenges and obstacles in its implementation. Keywords: Field trip, Teacher perception, Challenges.
ANALISIS HASIL VALIDASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA N 1 BAITUSSALAM (LAILA RAMADANI, 2024)
A REVIEW OF SOME EFFECTIVE TECHNIQUES AND MEDIA IN TEACHING ENGLISH TO STUDENTS WITH LEARNING DISABILITY (LIBRARY RESEARCH) (Putri Rizqa Maulida Nst, 2017)
GAMBARAN PERSEPSI STAF PENGAJAR LABORATORIUM HISTOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TENTANG PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DALAM PRAKTIKUM (Ari Bandana Tasrif, 2015)
ANALISIS KESESUAIAN ISI LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KIMIA KELAS X DAN XI (RIKA YULIA, 2023)
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Aulia Purma Irawan, 2023)