Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA DI KABUPATEN ACEH BARAT
Pengarang
Burhanuddin - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nasir Usman - 196012311985111003 - Dosen Pembimbing I
Niswanto - 196203151987031003 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2309200050044
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2025
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.201 2
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA
DI KABUPATEN ACEH BARAT
Oleh : Burhanuddin
NPM: 2309200050044
Komisi Pembimbing:
1. Dr. Nasir Usman, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.
ABSTRAK
Supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah merupakan salah satu upaya untuk melihat kinerja guru. Supervisi akademik melibatkan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan manajerial adalah proses pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan teknis administrasi di sekolah berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik dan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Aceh Barat. Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian regresi berganda. Sampel penelitian yaitu guru SMA Negeri di Aceh Barat yang berjumlah 123 orang. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik kuesioner (angket). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Aceh Barat yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,651 bersifat linier dan signifikan. 2) Manajerial kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Aceh Barat yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,634 bersifat linier dan signifikan. 3) Supervisi akademik dan manajerial kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Aceh Barat yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 60,436 + 0,377X1 + 0,183X2 bersifat linier dan signifikan. Selain itu, didukung oleh nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,443 atau 44,3% bernilai positif. Ini berarti bahwa 44,3% kinerja guru dipengaruhi oleh supervisi akademik dan manajerial kepala sekolah.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Manajerial, Kinerja Guru
THE INFLUENCE OF ACADEMIC AND MANAGERIAL SUPERVISION BY PRINCIPAL ON HIGH SCHOOL TEACHER PERFORMANCE IN WEST ACEH DISTRICT ABSTRACT (Burhanuddin) Supervision conducted by the principal is one of the efforts to see teacher performance. Academic supervision involves planning, implementing, and evaluating learning activities. While managerial is the process of supervision and coaching carried out by the principal to ensure that all technical administrative activities in the school run well. The purpose of this study was to determine the effect of academic and managerial supervision of the principal on the performance of high school teachers in West Aceh Regency. The approach used by the author in this study is a quantitative approach with a multiple regression research type. The research sample was 123 state high school teachers in West Aceh. The data collection technique used by the researcher was a questionnaire technique. Based on the results of the study, it can be concluded that 1) Academic supervision of the principal has a positive effect on the performance of high school teachers in West Aceh Regency as indicated by a regression coefficient value of 0.651 which is linear and significant. 2) Managerial principals have a positive effect on the performance of high school teachers in West Aceh Regency as indicated by a regression coefficient value of 0.634 which is linear and significant. 3) The principal's academic and managerial supervision has a positive effect on the performance of high school teachers in West Aceh Regency, which is indicated by the regression equation Y = 60.436 + 0.377X1 + 0.183X2 which is linear and significant. In addition, it is supported by the coefficient of determination (R²) value of 0.443 or 44.3% which is positive. This means that 44.3% of teacher performance is influenced by the principal's academic and managerial supervision. Keywords: Academic Supervision, Managerial Supervision, Teacher Performance
IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Risna Husaifa, 2024)
PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SD NEGERI 4 KUTE PANANG KABUPATEN ACEH TENGAH (ERNI FITRIANI, 2019)
IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH BERBASIS KOLABORASI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI PESANTREN MUAMALAT SOLIDARITY BOARDING SCHOOL KABUPATEN ACEH BESAR (Irma Suryani, 2024)
PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR PADA GUGUS I UPTD DEWANTARA ACEH UTARA (Syukri, M. Pd, 2015)
EFEKTIVITAS FUNGSI PENGAWAS DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENILAIAN KINERJA GURU TK DI KOTA BANDA ACEH (Rosmala Dewi, 2022)