FUNGSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI UNGGUL SIGLI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

FUNGSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI UNGGUL SIGLI


Pengarang

Nurliza Ismawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Bahrun - 195908241987021001 - Dosen Pembimbing I
Niswanto - 196203151987031003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2309200050002

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2025

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

FUNGSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM
MERDEKA DI SMP NEGERI UNGGUL SIGLI

Oleh : Nurliza Ismawati
NPM: 2309200050002


Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Bahrun, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.

ABSTRAK

Kepala sekolah adalah seorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola sumber daya, pelaksanaan pendidikan sampai dengan pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fungsi kepala sekolah dalam mendukung kinerja guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri Unggul Sigli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Setelah dilakukan penelitian, maka ditemukan bahwa kepala sekolah SMP Negeri Unggul Sigli berfungsi sebagai supervisor, manajer dan fasilitator. Kepala sekolah memberikan dukungan emosional dan teknis, serta mencipatakan lingkungan yang kondusif untuk inovasi. Namun, penelitian ini mengidentifikasi tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan kebutuhan pengembangan profesioanl yang berkelanjutan. Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya kepemimpinan kepala sekolah dalam keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka.

Kata Kunci: Fungsi kepala sekolah, Kinerja guru penggerak, implementasi Kurikulum Merdeka

THE ROLE OF PRINCIPAL IN SUPPORTING THE PERFORMANCE OF GURU PENGGERAK IN THE IMPLEMENTATION OF THE MERDEKA CURRICULUM AT THE SATE JUNIOR HIGH SCHOOL UNGGUL IN SIGLI ABSTRACT (Nurliza Ismawati) The school principal holds the responsibility of managing resources, overseeing educational activities, and facilitating curriculum development and teaching-learning processes within the school. This study aimed to analyze the role of school principals in supporting the performance of Guru Penggerak. Guru Penggerak are educators trained to spearhead the implementation of policies like the Merdeka Curriculum and foster transformative educational practices in Indonesia. in the implementation of the Merdeka Curriculum at the State Junior High School Unggul in Sigli. A qualitative approach was employed, with data collected through observations, document analysis, and interviews. The findings revealed that the principal of the school serves as a supervisor, manager, and facilitator. The principal provided emotional and technical support while fostering an environment conducive to innovation. However, the study also identified challenges such as resource limitations and the need for ongoing professional development. These findings highlight the critical importance of school leadership in the successful implementation of the Merdeka Curriculum. Keywords: Principal's role, Performance of Guru Penggerak, Merdeka Curriculum Implementation

Citation



    SERVICES DESK