ANALISIS STRATEGI DAN SISTEM PEMASARAN PADA PRODUK YANG DIHASILKAN OLEH UMKM SYIFA HIDROPONIK DI KOTA MEDAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS STRATEGI DAN SISTEM PEMASARAN PADA PRODUK YANG DIHASILKAN OLEH UMKM SYIFA HIDROPONIK DI KOTA MEDAN


Pengarang

Rizky Syahputra - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Azhar - 196711021993031003 - Dosen Pembimbing I
T. Makmur - 196011071988111002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1905102010008

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian Agribisnis (S1)., 2025

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.812

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang
mempengaruhi pemasaran pada produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM Syifa Hidroponik di Kota
Medan. Sampel penelitian ini berjumlah enam orang yang terdiri dari pemilik UMKM Syifa Hidroponik, dua
putra kandung, dan dua pekerja yang bekerja di bidang produksi dan pemasaran. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan
menggunakan kuesioner terstruktur. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan metode
analisis Matriks IFE (Internal Factors Evaluation), Matriks EFE (External Factors Evaluation), SWOT, dan
Grand Strategy Matrix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor UMKM Syifa Hidroponik berada di
kuadran I, dengan posisi pertumbuhan pasar yang tinggi dan posisi kompetitif yang kuat situasi pada posisi
tersebut mendukung pertumbuhan pasar yang optimal (Growth Oriented Strategy). Kondisi tersebut
menguntungkan karena UMKM Syifa Hidroponik bergerak dalam industri yang memiliki pertumbuhan yang
tinggi dan persaingan yang kuat serta mendukung UMKM Syifa Hidroponik untuk berkonsentrasi pada pasar
dan produk dengan strategi yang agresif.

This study aims to analyze internal and external factors that influence marketing of products produced by Syifa Hydroponic MSMEs in Medan City. The sample of this study consisted of six people consisting of the owner of Syifa Hydroponic MSMEs, two biological sons, and two workers who work in production and marketing. Sampling was done using purposive sampling technique. Data collection was done through interviews using structured questionnaires. The data that has been collected will be analyzed using the IFE Matrix (Internal Factors Evaluation), EFE Matrix (External Factors Evaluation), SWOT, and Grand Strategy Matrix analysis methods. The results of the study indicate that the Syifa Hydroponic MSME factors are in quadrant I, with a high market growth position and a strong competitive position, the situation in that position supports optimal market growth (Growth Oriented Strategy). This condition is beneficial because Syifa Hydroponic MSMEs are engaged in an industry that has high growth and strong competition and supports Syifa Hydroponic MSMEs to concentrate on the market and products with an aggressive strategy.

Citation



    SERVICES DESK