STRATEGI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DIGITAL DI SMK KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

STRATEGI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DIGITAL DI SMK KABUPATEN PIDIE


Pengarang

Navizatur Rahmi - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Bahrun - 195908241987021001 - Dosen Pembimbing I
Niswanto - 196203151987031003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2309200050028

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2025

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

STRATEGI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLIGI
DIGITAL DI SMK KABUPATEN PIDIE

Oleh: Navizatur Rahmi
NPM: 2309200050028

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Drs. Bahrun, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M.Pd.

ABSTRAK

Era digitalisasi yang semakin berkembang, menuntut kepala sekolah untuk tidak hanya berfungsi sebagai pemimpin administratif, tetapi juga sebagai agen perubahan yang mampu menginspirasi dan memotivasi staf serta siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam penerapan digitalisasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan siswa di SMK Negeri 2 Sigli, SMK Negeri Beungga, dan SMK Swasta Lilawangsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan strategi kepemimpinan transformasional dalam menggunakan teknologi digital di SMK kabupaten Pidie yaitu merencanakan visi dan misi sekolah tentang penggunaan teknologi digital, melakukan pemetaan kebutuhan dan analisis kondisi awal. Pelaksanaan strategi kepemimpinan transformasional dalam menggunakan teknologi digital di SMK Kabupaten Pidie melalui membentuk komunitas belajar teknologi digital,pelatihan terkait penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran, memberikan dukungan dan bimbingan kepada guru dalam mengatasi kesulitan saat penggunaan teknologi pembelajaran, dan menfasilitasi perangkat IT di setiap ruang kelas minimal infocus. Pengawasan yang dilakukan dengan membentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS) dan supervisi. Hambatan yang dialami yaitu kesulitan penggunaan teknologi dan enggan dalam mempelajari teknologi oleh guru senior di SMK Negeri 2 Sigli dan SMK Swasta Lilawangsa, kekurangan sarana prasarana teknologi digital, dan jaringan kurang stabil di SMK Negeri Beungga. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi kepala sekolah dan staf dalam mengelola perubahan serta memanfaatkan teknologi secara optimal untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas di SMK Kabupaten Pidie.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Transformasional, Teknologi Digital

PRINCIPALS’ TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP STRATEGIES IN UTILIZING DIGITAL TECHNOLOGYIN VOCATIONAL HIGH SCHOOLS IN PIDIE REGENCY ABSTRACT (Navizatur Rahmi) This study aimed to analyze the strategies of transformational leadership by school principals in the implementation of digitalization in Vocational High Schools in Pidie Regency. In the rapidly evolving digital era, principals are required to serve not only as administrative leaders but also as change agents capable of inspiring and motivating staff and students. The research employed a qualitative approach with a descriptive qualitative method. Data were collected through documentation, observation, and in-depth interviews with school principals, teachers, and students at State Vocational High School 2 Sigli, State Vocational High School Beungga, and Private Vocational High Schoo Lilawangsa. The findings revealed that the planning of transformational leadership strategies for utilizing digital technology in those schools has been implemented effectively, although certain aspects still fall short of fully aligning with the characteristics of transformational leadership. Overall, the application of these strategies in digital technology usage has been commendable, adhering to relevant aspects. The execution involves training related to the use of digital technology in learning, providing support and guidance to teachers facing challenges in employing technology, and equipping classrooms with IT devices, at a minimum with projectors. Monitoring efforts are carried out through the formation of School Development Teams and supervision. The challenges identified included difficulties in using technology and reluctance among senior teachers to learn new technologies, as well as a lack of digital infrastructure and network issues, particularly at the State Vocational High School Beungga. This study recommends ongoing training for school principals and staff to effectively manage change and optimize the use of technology to achieve high-quality educational goals in Vocational High Schools in Pidie Regency. Keywords: Leadership, Transformational, Digital Technology

Citation



    SERVICES DESK