KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 LHOKNGA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 LHOKNGA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL


Pengarang

Mutia Riski - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Suryawati - 196307171987032001 - Dosen Pembimbing I
Khairul Umam - 197908102008121002 - Dosen Pembimbing II
Yuhasriati - 196612311991022001 - Penguji
Elizar - 198511192019032011 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806103020087

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2025

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Mutia Riski. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 3 Lhoknga Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dra. Suryawati, M.Pd., dan Dr. Khairul Umam, S.Si., M.A.EdSc.
Rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika sering ditemukan dalam proses pembelajaran matematika. salah satu kerangka yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu taksonomi SOLO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan taksonomi structure of observed learning outcomes (SOLO) pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Lhoknga. Data yang dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah dan wawancara kepada. Analisis data dilakukan dengan menggunakan taksonomi SOLO. Hasil penelitian menunjukan kemampuan pemecahan masalah siswa sebagai berikut: 16 siswa pada level prastruktural, 4 siswa pada level unistruktural, 1 siswa pada level mulstruktural, 2 siswa pada level relasional, dan 1 siswa mencapai level abstrak yang diperluas. Sebagian besar siswa menunjukkan pemahaman yang terbatas pada tahap prastruktural dan unistruktural sedangkan sebagian kecil siswa mencapai tingkat pemecahan masalah yang lebih kompleks. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII secara umum masih rendah. Maka perlunya perhatian khusus dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa salah satunya materi sistem persamaan linear dua variabel. Implikasi dari temuan ini dapat digunakan untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika dan kemampuan pemecahan masalah siswa kedepannya.
Kata kunci: kemampuan siswa, pemecahan masalah matematika, taksonomi SOLO, sistem persamaan linear dua variabel

Mutia Riski. (2024). The Mathematical Problem-Solving Ability of Students at SMP Negeri 3 Lhoknga Based on the SOLO Taxonomy on the Topic of Systems of Linear Equations in Two Variables. [Thesis, Universitas Syiah Kuala]. Supervised by Dra. Suryawati, M.Pd., and Dr. Khairul Umam, S.Si., M.A.EdSc The low problem-solving ability of students in mathematics is often found in the process of mathematics learning. One framework that can be used to assess mathematical problem-solving ability is the SOLO taxonomy. This study aims to determine the level of students' mathematical problem-solving ability using the Structure of Observed Learning Outcomes (SOLO) taxonomy on the topic of systems of linear equations in two variables. The research method used is qualitative with a descriptive approach. The population of this study consists of all eighth-grade students at SMP Negeri 3 Lhoknga. Data was collected through problem-solving tests and interviews. Data analysis was conducted using the SOLO taxonomy. The results of the study show the students' problem-solving abilities as follows: 16 students at the pre-structural level, 4 students at the unistructural level, 1 student at the multi-structural level, 2 students at the relational level, and 1 student reached the extended abstract level. The majority of students demonstrated limited understanding at the pre-structural and unistructural stages, while a small number of students reached a more complex problem-solving level. The conclusion of this study is that the mathematical problem-solving ability of eighth-grade students is generally still low. Therefore, special attention is needed in mathematics learning to improve students' problem-solving abilities, particularly on the topic of systems of linear equations in two variables. The implications of these findings can be used to develop more effective teaching strategies to improve students' mathematical concept understanding and problem-solving skills in the future. Keywords: students' ability, mathematical problem-solving, SOLO taxonomy, systems of linear equations in two variables

Citation



    SERVICES DESK