PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN STEM BERMUATAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN STEM BERMUATAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA


Pengarang

Nurhilia Husna - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Susilawati - 198112072006042003 - Dosen Pembimbing I
Saminan - 196204231989031002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006103030017

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2025

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan kelayakan LKPD pendekatan STEM bermuatan etnosains materi gelombang bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model penggembangan ADDIE yang dibatasi pada tiga tahapan yaitu analysis, design dan development. Hasil validasi LKPD dengan pendekatan STEM bermuatan etnosains yang divalidasi oleh 3 validator ahli materi memperoleh nilai sebesar 0,85 dengan kategori valid dan 3 validator ahli media diperoleh nilai 0,92 dengan kategori valid. Respon peserta didik memperoleh persentase 85% termasuk kriteria sangat baik, sedangkan respon guru memperoleh persentase 88% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji N-gain untuk melihat peningkatan hasil belajar kognitif siswa memperoleh skor sebesar 0,76 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan pendekatan STEM bermuatan etnosains valid dan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, STEM, Etnosains, Hasil belajar

The purpose of this study was to determine the validity and feasibility of the ethnoscience-fueled STEM approach to sound waves. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model which is limited to three stages, namely analysis, design and development. The results of the validation of LKPD with an ethnoscience-charged STEM approach validated by 3 material expert validators obtained a value of 0.85 with a valid category and 3 media expert validators obtained a value of 0.92 with a valid category. The response of students obtained a percentage of 85% including very good criteria, while the teacher's response obtained a percentage of 88% in the very good category. Based on the results of the N-gain test to see the improvement of students' cognitive learning outcomes obtained a score of 0.76 in the high category. Thus it can be concluded that the LKPD with the STEM approach with ethnoscience content is valid and feasible to use to improve student learning outcomes. Keywords: Development, LKPD, STEM, Ethnoscience, Learning outcomes.

Citation



    SERVICES DESK