KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI ACEH SELATAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI ACEH SELATAN


Pengarang

Ansar - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nasir Usman - 196012311985111003 - Dosen Pembimbing I
Niswanto - 196203151987031003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2309200050046

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2025

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA
SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU
LULUSAN SISWA SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN DI ACEH SELATAN

Oleh: Ansar
NPM: 2309200050046
Komisi Pemimbing:
1. Prof. Dr. Nasir Usman, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M.Pd.

ABSTRAK

Kepemimpinan transformasional kepala sekolah menengah kejuruan harus mampu berperan dalam meningkatkan mutu Pendidikan sehingga peserta didik siap untuk bersaing dengan dunia kerja dan dunia industri saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengetahui program kepemimpinan transformasional; 2) Pelaksanaan kepemimpinan transformasional melalui implementasi visi dan misi; 3) Mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam memberikan dorongan dan motivasi; 4) Mengetahui ide dan gagasan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu lulusan secara kreatif dan menginspirasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, pendidik dan tenaga kependidikan. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di 3 sekolah menunjukan bahwa 1) Program kepemimpinan transformasional kepala sekolah; Idealized influence, kepala sekolah melibatkan semua elemen dalam pengambilan keputusan. 2) Pelaksanaan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Intellectual stimulation, menjadi penggerak utama dalam setiap perubahan dan pengembangan sekolah, dilihat dari visi misinya berdasarkan data jumlah lulusan yang diterima di dunia kerja dan dunia industri, bekerja mandiri sesuai dengan bidang keahliannya. 3) Kemampuan Kepala Sekolah dalam memberikan motivasi dan menginspirasi bawahan, Inspirational motivation, menjadi pemimpin teladan bagi warga sekolah, dapat dilihat dari dorongan dan motivasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui berbagai metode baik dengan pelatihan ataupun pemberian reward. 4) Ide dan gagasan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu, Individualized consideration, Kepala Sekolah memberikan perhatian terhadap individu bawahan yaitu dengan penambahan sarana prasarana yang memadai, pembelajaran yang menggunakan teaching factory, adanya pelatihan tambahan bagi peserta didik, Kerjasama dengan perusahaan berskala nasional, adanya komunitas alumni, praktek kerja industri siswa.

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah, Mutu Lulusan

TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP OF SCHOOL PRINCIPALS IN IMPROVING THE QUALITY OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL GRADUATES IN SOUTH ACEH ABSTRACT (Ansar) The transformational leadership of vocational school principals plays a crucial role in enhancing the quality of education, ensuring students are well-prepared to compete in the contemporary workforce and industrial sectors. This study aimed to: 1) Examine the transformational leadership programs; 2) Analyze the implementation of transformational leadership through the execution of the school's vision and mission; 3) Evaluate the principal's ability to provide encouragement and motivation; 4) Explore the principals’ creative and inspiring ideas to improve the quality of graduates. The research employed a qualitative method, with data collected from principals, teachers, educators, and educational staff through interviews, observations, and documentation. Data analysis was conducted through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The findings in 3 schools revealed the following: 1) The principal's transformational leadership program encompasses: Idealized Influence, where the principal involves all stakeholders in the decision-making. 2) The implementation of transformational leadership is evident in the principals’ vision and mission: Inspirational Motivation, acting as a role model for the school community, demonstrated by the number of graduates successfully entering the workforce or industries and those working independently in their fields of expertise. 3) The principals’ ability to provide encouragement and motivation is reflected through various approaches, including training programs and reward systems for teachers and staff. Intellectual Stimulation, driving innovation and school development initiatives. 4) The principals’ innovative ideas for improving the quality of graduates include providing adequate infrastructure, Individualized Consideration, attending to the unique needs of subordinates, implementing teaching factory-based learning, offering additional training programs for students, establishing partnerships with national-scale companies, forming alumni networks, and facilitating student industrial work placements. Keywords: Transformational Leadership, Principals, Graduate Quality

Citation



    SERVICES DESK