Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA REALIA DALAM MENINGKTAKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X IPS SMA INSHAFUDDIN KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Ridha melysa phonna - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Fitriani Yulianti - 198307132015012101 - Dosen Pembimbing I
Cut Vita Rajiatul Jummi - 199101182019032021 - Dosen Pembimbing II
M. Hafizul Furqan - 199106092023211019 - Penguji
Novia Zalmita - 198711152015042002 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1906101040070
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Geografi., 2025
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Phonna, Ridha Melysa. 2024 Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Realia Untuk meningkatkan hasil belajar Geigrafi Kelas X IPS di SMAS Insafuddin Kota Banda Aceh. Skripsi, Universitas Syiah Kuala. Dibawah bimbingan Fitriani Yulianti, S.Pd, M.Pd., dan Cut Vita Rajiatul Jumi, S.Pd, M.Pd
Proses pembelajaran yang berpusat kepada guru, membuat siswa menjadi merasa bosan belajar, sehingga berdampak terhadap menurunya hasil belajar. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui masih terdapat beberapa siswa memiliki nilai dibawah KKM yaitu 70. Mengatasi permasalah tersebut, diperlukan proses pembelajaran yang membentuk siswa menjadi lebih kreatif dalam proses pembelajaran yaitu model pembelajaran Make A Match dengan dibantu media Realia. Penelitian ini bertujuan yaitu melihat peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dan siswa dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa pada penerapan model pembelajaran Make A Match berbantuan media Realia. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek penelitian yaitu siswa kelas X IPS SMAS Inshafuddin Kota Banda Aceh berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan ketuntasan individual pada siklus I 39%, menjadi 67% pada siklus II dan 94%. Hasil analisis data aktivitas guru dan siswa terdapat 7 aktivitas yang sesuai pada siklus I, pada siklus II terdapat 9 aktivitas yang sesuai dan pada siklus III terdapat 12 aktivitas yang sesuai. Hasil analisis keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I skor yaitu 2,42% dengan kategori sedang, pada siklus II meningkat menjadi skor yaitu 3,01 dengan kategori baik dan pada siklus III semakin meningkat yaitu dengan skor 3,52% dengan kategori sangat baik. Selanjutya hasil analisis respon siswa dengan menerapakan model pembelajaran Make A Match dengan bantuan media Realia, yang dimana memperoleh hasil respon siswa yaitu siswa menjawab Ya 87%, dan menjawab Tidak 13%. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan model Make A Match dengan bantuan media Realia dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci : Penerapan, Make A Match, Media Realia, Hasil Belajar, Geografi
Phonna, Ridha Melysa. 2024 Implementation of the Make A Match Learning Model Assisted by Realia Media to improve Geography learning outcomes for Class X IPS at SMAS Insafuddin, Banda Aceh City. Thesis, Syiah Kuala University. Under the guidance of Fitriani Yulianti, S.Pd, M.Pd., and Cut Vita Rajiatul Jumi, S.Pd, M.Pd The teacher-centered learning process makes students feel bored with learning, which has an impact on decreasing learning outcomes. Based on the results of interviews, it is known that there are still some students who have scores below the KKM, namely 70. To overcome this problem, a learning process is needed that makes students more creative in the learning process, namely the Make A Match learning model with the help of Realia media. This research aims to see improvements in student learning outcomes, teacher and student activities, teacher and student skills in managing learning, and student responses to the application of the Make A Match learning model assisted by Realia media. This type of research is Classroom Action Research (PTK). The research subjects were 18 students in class X IPS SMAS Inshafuddin, Banda Aceh City. Data collection uses tests, observations and questionnaires. The results of this study showed that individual completeness in cycle I was 39%, to 67% in cycle II and94%. The results of the analysis of teacher and student activity data showed that there were 7 appropriate activities in cycle I, in cycle II there were 9 appropriate activities and in cycle III there were 12 appropriate activities. The results of the analysis of teacher skills in managing learning in cycle I, the score was 2,42% in the medium category in cycle II it increased to a score of 3,01% in the good category and in cycle III it increased further, namely with a score of 3,52%% in the very good category. Furthermore, the results of the analysis of student responses by applying the Make A Match learning model with the help of Realia media, which obtained student response results, namely 87% of students answered Yes, and 13% answered No. Based on this statement, it can be concluded that implementing the Make A Match model with the help of Realia media can improve learning outcomes. Keywords: Application, Make A Match, Media Realia, Learning Outcomes, Geography
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNYANG MENGGUNAKAN MODEL MAKE-A MATCH DAN INDEX CARD MATCH DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (SYARIFAH MAWADDAH MISWAR, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Cut Khairul Rizqa, 2020)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Mei Susi, 2024)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI IPS TERPADU DAN KEAKTIFAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BROKEN TRIANGLE DAN TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA VISUAL PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (HARMAYUNITA, 2020)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ULFIA, 2022)