HUBUNGAN PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN SEKOLAH DENGAN HEALTH LITERACY PADA ANAK USIA SEKOLAH DI KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN SEKOLAH DENGAN HEALTH LITERACY PADA ANAK USIA SEKOLAH DI KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Dosen Pembimbing

Asniar - 197811222002122002 - Dosen Pembimbing I
Arfiza Ridwan - 198403072015042003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2112101010043

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2025

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Masalah kesehatan anak, seperti obesitas, kekurangan gizi, dan rendahnya literasi kesehatan, merupakan isu global yang memengaruhi kesehatan anak usia sekolah. Untuk mencegah masalah kesehatan tersebut, program pelayanan kesehatan sekolah dapat berkontribusi dengan meningkatkan literasi kesehatan siswa, namun demikian, belum banyak bukti yang menunjukkan bagaimana hubungan pelayanan kesehatan dengan health literacy pada anak usia sekolah dasar, khususnya di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelayanan kesehatan sekolah dengan health literacy di Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif korelatif dan pendekatan cross-sectional. Populasi 350 siswa dengan sampel sebanyak 176 siswa yang dipilih menggunakan proportionate random sampling berdasarkan tabel Cohen. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner health Service dari School Health Index dan Instrument Pengkajian Literasi Kesehatan pada Anak Usia Sekolah. Data dianalisa menggunakan analisis bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya siswa berasal dari sekolah dengan pelayanan kesehatan sekolah yang aktif (63,6%) dan memiliki tingkat health literasi yang baik (51,1%). Namun demikian tidak ada hubungan yang signifikan antara pelayanan kesehatan sekolah dengan health literacy pada anak usia sekolah di Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar (p-value > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa health literacy mungkin berhubungan determinan lain yang perlu dikaji lebih lanjut. Oleh karena itu, direkomendasikan kajian lebih lanjut mengenai determinan yang berhubungan dengan health literacy siswa serta intervensi berbasis pendidikan kesehatan di sekolah untuk meningkatkan literasi kesehatan secara berkesinambungan.

Child health problems, such as obesity, malnutrition, and low health literacy, are global issues that affect the health of school-age children. To prevent those health problems, school health service programs might contribute by improving student health literacy. However, little evidence shows the relationship between health services and health literacy in elementary school-age children, especially in the District of Aceh Besar. Aceh Province. This study aims to determine the relationship between school health services and health literacy in Blang Bintang District, Aceh Besar Regency. This study uses a quantitative method with a correlative descriptive design and a cross-sectional approach. The population consists of 350 students in grades 5 and 6. A sample of 176 students was selected using proportionate random sampling based on Cohen's table. Data was collected using Health Service Questionnaire from the School Health Index and Instrument of Health Literacy Assessment for School-age Children. The data was analyzed using bivariate analysis with the chi-square test. The study results showed that generally, students came from schools with good school health services (63.6%) and had a good level of health literacy (51.1%). However, there was no significant relationship between school health services and health literacy in school-age children in Blang Bintang District, Aceh Besar Regency (p-value > 0.05). This suggests that health literacy may be related to other determinants that need further study. Therefore, additional studies are recommended on determinants of student health literacy and health education-based interventions in schools to improve health literacy sustainably.

Citation



    SERVICES DESK