Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY UNTUK EKSPLORASI BATU NISAN KUNO ACEH
Pengarang
AHMAD ZAKIYYUL FIKRI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Sayed Muchallil - 198006162005011002 - Dosen Pembimbing I
Maya Fitria - 199005012019032020 - Dosen Pembimbing II
Rahmad Dawood - 197203181995121001 - Dosen Pembimbing III
Ardiansyah - 197212261992011001 - Penguji
Fardian - 197901022003121004 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2004111010035
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Komputer (S1) / PDDIKTI : 56202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Teknik Elektro dan Komputer., 2025
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Abstrak - Sejarah Aceh merupakan bagian integral dari sejarah Indonesia yang kaya akan warisan budaya dan nilai-nilai sejarahnya. Namun, pengelolaan, pelestarian, dan penyampaian warisan budaya Aceh masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk kurangnya aksesibilitas terhadap informasi sejarah dan rendahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian warisan budaya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi Virtual Reality (VR) sebagai media eksplorasi dan pengenalan batu nisan kuno Aceh, yang merupakan peninggalan bersejarah dengan nilai historis dan kultural tinggi. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan minat masyarakat, khususnya generasi muda, terhadap sejarah dan budaya Aceh. Metode penelitian meliputi studi literatur, pengumpulan data historis dan artefak, perancangan aplikasi VR, serta pengujian fungsionalitas dan kegunaan. Aplikasi VR akan menampilkan batu nisan kuno dari Museum Aceh dan situs cagar budaya Kandang XII dalam bentuk model 3D. Pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan virtual melalui perangkat desktop atau mobile. Teknologi yang digunakan meliputi pemindaian 3D untuk membuat model artefak, foto untuk mengambil gambar 360 derajat situs, serta Unity untuk pengembangan aplikasi. Hasil yang didapatkan adalah aplikasi VR berbasis web dapat menyajikan pengalaman yang interaktif dalam mempelajari sejarah batu nisan kuno Aceh. Aplikasi ini dapat menjadi media edukasi yang menarik serta alat promosi digital untuk pelestarian warisan budaya Aceh. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan teknologi VR di Indonesia, khususnya dalam bidang edukasi dan sejarah.
Kata Kunci: Virtual Reality, Batu Nisan Kuno Aceh, Pembelajaran Sejarah, Pemindaian 3D, Unity.
Abstract - Aceh's history is an integral part of Indonesia's rich cultural heritage and historical values. However, the management, preservation and delivery of Aceh's cultural heritage still face various challenges, including a lack of accessibility to historical information and low public awareness of the importance of preserving this cultural heritage. This research aims to design a Virtual Reality (VR) application as a medium of exploration to Aceh's ancient tombstones, which are historical relics with high historical and cultural value. This application is designed to increase public interest, especially the younger generation, in the history and culture of Aceh. The research method includes literature study, historical data and artifact collection, VR application design, and functionality and usability testing. The VR application will display ancient tombstones from Museum Aceh and cultural heritage sites of Kandang XII in the form of 3D models. Users can interact with the virtual environment through desktop or mobile devices. The technology used includes 3D scanning to create artifact models, photos to take 360-degree pictures of the site, and Unity for application development. The results obtained are web-based VR applications can present an interactive experience in learning the history of Aceh's ancient tombstones. This application can be an interesting educational media and digital promotion tool for the preservation of Aceh's cultural heritage. This research also aims to contribute to the development of VR technology in Indonesia, especially in the fields of education and history. Keywords: Virtual Reality, Aceh Ancient Tombstones, History Learning, 3D Scanning, Unity.
ARAHAN PENATAAN DAN PERAWATAN OBJEK CAGAR BUDAYA BERBASIS LINGKUNGAN DI GAMPONG PANDE, KOTA BANDA ACEH (Masnauli Butarbutar, 2024)
PERANCANGAN PROTOTIPE APLIKASI VIRTUAL REALITY (VR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT MUSIK TRADISIONAL RAPA’I (Wirdayani, 2024)
PENGEMBANGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PRAKTIKUM KOROSI (Siti Uliah, 2022)
PERANCANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY DENGAN METODE VRID PADA PEMBELAJARAN ALGORITMA PEMROGRAMAN (Nurrizqa, 2021)
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK BERBASIS CONTEXTUAL DESIGN UNTUK RESTORASI CITRA DIGITAL DENGAN METODE SAUVOLA (Rafsanjani, 2014)