Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
ANALISIS KEGAGALAN POROS PENGGERAK RODA BELAKANG TRUK DENGAN VARIASI BEBAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA
Pengarang
Ulil Rizki - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Husaini - 196108081988111001 - Dosen Pembimbing I
Nurdin Ali - 195706271985031001 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2204202010002
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Mesin (S2) / PDDIKTI : 21101
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Teknik - Teknik Mesin., 2025
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Truk menjadi salah satu transportasi utama barang di darat karena efisiensinya dalam hal biaya dan efektivitas. Namun, peningkatan penggunaan truk juga meningkatkan risiko kegagalan komponen, terutama pada poros penggerak roda belakang yang sering mengalami masalah struktural. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kegagalan poros penggerak roda belakang pada truk melalui simulasi numerik berbasis metode elemen hingga, menggunakan perangkat lunak FEMAP (Finite Element Modeling And Postprocessing). Material poros yang digunakan adalah AISI 4140, dengan empat model uji: satu model tanpa cacat dan tiga model lainnya dengan variasi cacat pada lokasi tertentu. Analisis dilakukan untuk mengamati pengaruh tegangan terhadap performa poros dalam berbagai kondisi cacat. Hasil simulasi menunjukkan bahwa tegangan von Misses maksimum pada poros tanpa cacat mencapai 115,19 MPa, yang masih berada di bawah kekuatan luluh material sebesar 415 MPa, serta tegangan geser maksimum sebesar 124,67 MPa juga masih berada di bawah batas izin material sebesar 239,45 MPa, sehingga poros dianggap aman dalam kondisi tanpa cacat. Namun, pada model poros dengan cacat, nilai faktor intensitas tegangan (KI) tercatat sebesar 17,80 MPa√m, 15,01 MPa√m, dan 20,325 MPa√m, yang melebihi nilai ketangguhan retak material (KIC) yaitu sebesar 10 MPa√m. Hasil ini mengindikasikan bahwa kondisi KI > KIC dapat mempercepat perambatan retak pada poros, menandakan potensi kegagalan struktural. Studi ini memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya memitigasi cacat untuk menjaga keandalan dan keamanan operasional truk.
Kata kunci: kegagalan struktural, poros penggerak, metode elemen hingga, faktor intensitas tegangan, ketangguhan retak.
Truck is a major form of transporting goods on land because of its efficiency in terms of cost and effectiveness. Increased truck usage has led to a greater risk of component failure, particularly in rear wheel drive axle, which is prone to structural problems. Therefore, this study aimed to analyze the causes of rear wheel drive axle failure in truck through numerical simulations based on the finite element method, using Finite Element Modeling And Postprocessing (FEMAP) software. Axle material used was AISI 4140, with four test models, including a version without defects and three other models with variations in defects at certain locations. During the investigation, the analysis was conducted to observe the effect of stress on axle performance under various defect conditions. The simulation results showed the maximum von Misses stress on the shaft without defects reached 115.19 MPa which was significantly lower than yield strength limit of 415 MPa of the material. The maximum shear stress of 124.67 MPa also remained lesser compared to the material allowable limit of 239.45 MPa, showing that the shaft was safe in a condition without defects. However, in the shaft model with defects, stress intensity factor (KI) values were recorded at 17.80, 15.01, and 20.325 MPa√m, which exceeded the material fracture toughness (KIC) value of 10 MPa√m. The results signified that KI > KIC condition, facilitating accelerated crack propagation on the shaft, showing the potential for structural failure. This study provided a deep understanding of the importance of defect mitigation to maintain the reliability and safety of truck operations. Keywords: structural failure, drive shaft, finite element method, stress intensity factor, fracture toughness.
ANALISIS KEGAGALAN POROS PENGGERAK RODA BELAKANG TRUK MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMENTAL DAN ANALITIKAL (FAUZAN, 2021)
ANALISIS KEGAGALAN POROS PENGGERAK RODA BELAKANG TRUK DENGAN VARIASI BEBAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (Ulil Rizki, 2025)
ANALISIS KEGAGALAN POROS PENGGERAK RODA BELAKANG TRUK MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (Fauzan, 2022)
KAJI EKSPERIMENTAL DAN SIMULASI POROS PENGGERAK MESIN KEMPA ULIR (Muhammad Irvin Barizi, 2019)
ANALISIS KEGAGALAN PATAH RODA GIGI LURUS PADA GEARBOX DUMP TRUK 120 PS (KHAIYAR ASSAURI, 2021)