PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Nurrizayani - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Niswanto - 196203151987031003 - Dosen Pembimbing I
Nasir Usman - 196012311985111003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2309200050011

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2025

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU
DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BANDA ACEH
Oleh: Nurrizayani
NPM: 2309200050011
Komisi Pembimbing:
1. Dr. Niswanto, M. Pd.
2. Dr. Nasir Usman, M. Pd.

ABSTRAK

Peran kepemimpinan kepala sekolah memiliki dampak signifikan terhadap dinamika kerja para guru, sehingga kepala sekolah harus menunjukkan komitmen yang tinggi dalam memberikan arahan yang jelas serta dukungan aktif kepada para pendidik. Selain itu, terciptanya iklim kerja yang baik juga memfasilitasi komunikasi yang efektif antara kepala sekolah dan para guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim kerja terhadap kinerja guru di SMA di Kota Banda Aceh. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto, penelitian ini melibatkan 70 responden yang dipilih secara acak dari enam sekolah yang terakreditasi A dan B. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah divalidasi, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier ganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional secara signifikan mempengaruhi kinerja guru, Dengan koefisien regresi sebesar 0,486, setiap peningkatan dalam kepemimpinan tersebut berpotensi meningkatkan kinerja guru. Selain itu, iklim kerja juga memberikan pengaruh yang signifikan dengan koefisien regresi sebesar 0,429. Secara bersama-sama, kombinasi antara kepemimpinan transformasional dan iklim kerja memiliki kontribusi signifikan terhadap peningkatan kinerja guru, yang ditunjukkan dengan nilai F sebesar sebesar 29,357 dan p-value 0,000. Koefisien untuk kepemimpinan transformasional (0,486) dan iklim kerja (0,429) menunjukkan bahwa keduanya saling melengkapi dalam meningkatkan kinerja guru, yang mencakup kemampuan menyampaikan materi, pengelolaan kelas, dan interaksi dengan siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya peran kepala sekolah sebagai pemimpin yang mampu menginspirasi serta pentingnya menciptakan lingkungan kerja yang mendukung untuk meningkatkan kinerja pendidik di sekolah. tenaga pendidik di sekolah.
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Iklim Kerja, Kinerja Guru

THE INFLUENCE OF PRINCIPAL'S TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP AND WORK CLIMATE ON TEACHER PERFORMANCE IN SENIOR HIGH SCHOOLS IN BANDA ACEH ABSTRACT (Nurrizayani) The principal's leadership significantly impacts teachers' work dynamics, requiring principals to demonstrate strong commitment by providing clear direction and active support to educators. Additionally, the establishment of a positive work climate facilitates effective communication between principals and teachers. This study aimed to examine the influence of the principal's transformational leadership and the work climate on teacher performance in senior high schools in Banda Aceh. Using a quantitative approach with an ex post facto method, the study involved 70 respondents selected randomly from six schools accredited A and B. Data were collected through validated questionnaires and analyzed using multiple linear regression to test the hypotheses. The findings indicated that transformational leadership significantly affects teacher performance, with a regression coefficient of 0,486, suggesting that improvements in this leadership style have the potential to enhance teacher performance. Furthermore, the work climate also shows a significant impact, with a regression coefficient of 0,429. Together, the combination of transformational leadership and work climate significantly contributes to improving teacher performance, as demonstrated by an F-value of 29,357 and a p-value of 0,000. The coefficients for transformational leadership (0,486) and work climate (0,429) reveal their complementary roles in improving teacher performance, including delivering subject matter, managing classrooms, and engaging with students. This study underscores the importance of the principal's role as an inspiring leader and the necessity of creating a supportive work environment to enhance the performance of educators in schools. Keywords: Transformational Leadership, Work Climate, Teacher Performance

Citation



    SERVICES DESK