GAMBARAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

GAMBARAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Dosen Pembimbing

Nova Fajri - 198711242019032020 - Dosen Pembimbing I
Nenty Septiana - 198809192022032003 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

2112101010056

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2025

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTRIAN PENDIDIKAN TINGGI, SAINS,
DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN
PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN

SKRIPSI
23 Desember, 2024

xiv + VI BAB + 73 Halaman + 8 Tabel + 1 Skema + 22 Lampiran

TUCHFATUL ‘ATHAR
2112101010056

GAMBARAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH

ABSTRAK

Intensitas penggunaan gadget pada balita di Indonesia terutama di Aceh, semakin tinggi seiring berjalannya waktu. Balita yang masih dalam masa emas pertumbuhan seharusnya masih dalam tahap untuk belajar cara berinteraksi secara sosial dan bermain dengan objek nyata seperti bersama teman atau bermain mainan secara langsung. Namun, hal ini semakin berkurang karena keterpaparan balita terhadap gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran intensitas penggunaan gadget pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Baiturrahman Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan jumlah sampel yaitu 101 responden yang dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan Digital Screen Exposure Questionnaire (DESQ) berbentuk angket/Gform dan analisa data menggunakan frekuensi dan persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh balita menggunakan gadget berupa handphone dalam kehidupan sehari-hari dengan durasi tinggi yaitu ≥ 60 menit (77,2%) dan frekuensi sangat sering (44,6%). Perilaku balita terhadap media gadget adalah menonton cerita (37,6%). Durasi bermain diluar rumah balita yaitu ≥ 60 menit (64,4%). Media literasi orang tua mengatakan dampak positif penggunaan gadget yaitu balita dapat mempelajari keterampilan baru (68,3%), sedangkan dampak negatif yaitu balita mulai meniru apa yang dilihatnya (72,3%). Selain menggunakan gadget, balita melakukan kegiatan tambahan yaitu menonton televisi (79,2%). Diharapkan kepada ibu balita agar dapat membatasi waktu penggunaan gadget dengan cara mengganti penggunaan gadget dengan permainan edukasi yang dapat meningkatkan kognitif balita.

Kata Kunci : Intensitas, Gadget, Balita
Daftar bacaan : 12 buku dan ebook, 33 jurnal dan artikel (2013-2024)

MINISTRY OF HIGHER EDUCATION, SCIENCE, AND TECHNOLOGY UNIVERSITAS SYIAH KUALA FACULTY OF NURSING THESIS 23 December 2024 xiv + VI CHAPTERS + 73 Pages + 8 Tables + 1 Scheme + 22 Attachments TUCHFATUL 'ATHAR 2112101010056 THE INTENSITY OF GADGET USE AMONG TODDLER IN BAITURRAHMAN, BANDA ACEH ABSTRACT The intensity of gadget use among toddlers in Indonesia, especially in Aceh, is increasing. Since they are still in their golden growth period, toddlers should be learning how to engage with others and play with actual objects, such as toys or peers. However, toddlers' exposure to gadgets disrupts this period. This descriptive quantitative study aimed to describe the intensity of gadget use among toddlers in Baiturrahman, Banda Aceh. The study sample was 101 respondents selected using the Stratified Random Sampling technique. Data was collected using the Digital Screen Exposure Questionnaire (DESQ) and analyzed using frequency distribution and percentages. The study findings showed that all toddlers used cell phones daily, with 44.6% using them very often and 77.2% using them for a high duration, longer than 60 minutes. Toddlers' behavior related to media on gadgets was watching stories (37.6%). However, 64.4% of toddlers spend less than an hour playing outside. According to the parents' media literacy, using gadgets can help children learn new skills (68.3%), but it can also have the negative impact of making them begin imitating what they see (72.3%). In addition, 79.2% of toddlers engaged in other activities besides using gadgets, such as watching television. It is suggested that mothers of toddlers restrict their use of gadgets by substituting educational games that enhance their cognitive development for gadget use. Keywords : Intensity, Gadgets, Toddlers Bibliography : 12 books and ebooks, 33 journals and articles (2013-2024)

Citation



    SERVICES DESK