Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
GAMBARAN MOTIVASI INTRINSIK MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Pengarang
Risti Lasmiana Putri - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Muhammad Yusuf - 196908141992031005 - Dosen Pembimbing I
Putri Mayasari - 198505152015042002 - Dosen Pembimbing II
Rachmah - 198504082019032017 - Penguji
Hajjul Kamil - 196803071990021001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2112101010034
Fakultas & Prodi
Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2025
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Motivasi intrinsik merupakan dorongan internal yang muncul dari keinginan dalam diri individu tanpa pengaruh dari luar. Motivasi intrinsik menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi kemampuan mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi, yang merupakan bagian dari tugas akhir akademik. Mahasiswa semester akhir sering menghadapi berbagai tantangan, baik internal seperti rasa malas dan kurang percaya diri, maupun eksternal seperti keterbatasan sumber referensi dan dukungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi intrinsik mahasiswa keperawatan semester akhir dalam menyelesaikan skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan desain cross-sectional study dengan sampel 130 mahasiswa sebagai responden. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang mencakup lima komponen motivasi intrinsik, yaitu: keingintahuan (curiosity), penguasaan (mastery), otonomi (autonomy), tujuan (goal), dan kepentingan (interest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki motivasi intrinsik yang tinggi (73,8%). Secara rinci, tingkat keingintahuan berada pada kategori tinggi (72,3%), penguasaan tinggi (73,1%), otonomi tinggi (64,5%), tujuan tinggi (74,5%), dan kepentingan tinggi (67,7%). Mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi intrinsik mereka melalui pengelolaan waktu yang baik, menetapkan tujuan yang jelas, dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk mendukung proses penyelesaian skripsi.
ABSTRACT Intrinsic motivation is an internal drive that arises from the desire within the individual without external influence. Intrinsic motivation is one of the important factors that influence students' ability to complete a thesis, which is part of the final academic project. Final semester students often face various challenges, both internal such as laziness and lack of confidence, and external such as limited sources of reference and support. This study aims to determine the description of the intrinsic motivation of final semester nursing students in completing the final project at the Faculty of Nursing, Syiah Kuala University. The type of research used is descriptive quantitative with a cross-sectional study design with a sample of 130 students as respondents. The sampling technique was total sampling. Data were collected using a questionnaire that included five components of intrinsic motivation, namely: curiosity, mastery, autonomy, goal, and interest. The results showed that most students had high intrinsic motivation (73.8%). In detail, the level of curiosity is in the high category (72.3%), high mastery (73.1%), high autonomy (64.5%), high goal (74.5%), and high interest (67.7%). Students are expected to increase their intrinsic motivation through good time management, setting clear goals, and utilizing available resources to support the thesis completion process.
GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Silventus Hendrikus Karubui, 2024)
GAMBARAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGAMBIL TUGAS AKHIR BAGIAN KEPERAWATAN GERONTIK DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Razulul Lina, 2022)
TINGKAT MOTIVASI MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA DALAM MITIGASI PANDEMI COVID-19 (FARHAN SAPUTRA, 2021)
TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR (FITRI WAHYUNI, 2023)
HUBUNGAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN MOTIVASI BELAJAR DIRNFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Halim Tezar Kusuma, 2022)