PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN PASIEN DIABETES MELITUS TENTANG PENGGUNAAN INSULIN PEN DI RAWAT JALAN RSUDZA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN PASIEN DIABETES MELITUS TENTANG PENGGUNAAN INSULIN PEN DI RAWAT JALAN RSUDZA


Pengarang

DITA ALYANDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Lydia Septa Desiyana - 198109252008122002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

2108109010057

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Farmasi (S1) / PDDIKTI : 48201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas MIPA Farmasi., 2025

Bahasa

Indonesia

No Classification

615.365

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Diabetes melitus (DM) merupakan salah satu penyebab utama komplikasi serius seperti retinopati, neuropati, nefropati, stroke, dan ulkus kaki. Pengelolaan DM yang melibatkan terapi insulin termasuk penggunaan insulin pen, sering kali menimbulkan kesalahan teknis di kalangan pasien. Edukasi berbasis video animasi dipilih karena lebih mudah dipahami dibandingkan informasi tertulis dan dapat diakses berulang kali. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh edukasi video terhadap pengetahuan pasien DM di RSUDZA mengenai penggunaan insulin pen. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental pretest dan posttest dengan jumlah sampel 78 responden yang diambil melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan penggunaan insulin pen serta tahapan injeksinya. Pengetahuan pasien DM di RSUDZA tentang penggunaan insulin pen sebagian besar berada pada tingkat cukup (52,6%). Sementara itu, pengetahuan tentang tahapan injeksi insulin pen lebih banyak berada pada tingkat kurang (66,7%). Pemberian edukasi melalui video meningkatkan pengetahuan pasien baik terkait penggunaan maupun tahapan injeksi insulin pen dengan masing-masing nilai P-value 0,000 (P

Diabetes mellitus (DM) is one of the main causes of serious complications such as retinopathy, neuropathy, nephropathy, stroke, and foot ulcers. DM management that involves insulin therapy including the use of insulin pens, often leads to technical errors among patients. Animated video-based education was chosen because it is easier to understand than written information and can be accessed repeatedly. This study aims to evaluate the effect of video education on the knowledge of DM patients at RSUDZA regarding the use of insulin pens. This study used a quasi-experimental pretest and posttest design with a total sample of 78 respondents taken through purposive sampling technique. Data collection used a knowledge questionnaire on the use of insulin pens and the stages of injection. The knowledge of DM patients at RSUDZA about the use of insulin pens was mostly at a sufficient level (52.6%). Meanwhile, knowledge about the stages of insulin pen injection was mostly at the insufficient level (66.7%). Providing education through videos increases patient knowledge both related to the use and stages of insulin pen injection with each P-value of 0.000 (P

Citation



    SERVICES DESK