PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Rachmat Riza - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0211210082

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2007

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.834 3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya yang berjudul pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian mobil Mercedez Bens yang dipublikasikan oleh Hartono. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek meliputi nama dan tanda merek terhadap keputusan pembelian mobil Honda di Banda Aceh. Diharapkan penelitian ini akan dapat memberikan sumbangan informasi yang bermanfaat bagi semua pihak.
Penelitian dilaksanakan di Kota Banda Aceh. Objek penelitian adalah data primer mengenai citra merek dan keputusan pembelian produk Mobil Honda. Citra merek melibatkan dua variabel bebas yaitu nama merek dan tanda merek sebagaimana yang di kemukakan oleh teori Kotler dan Stanton. Data-data primer ini dikumpulkan
dengan membagikan kuesioner yang telah dipersiapkan kepada 60 pemilik Mobil Honda yang menjadi sampel penelitian. Penetapan ukuran sampel terfokus pada tiga generasi mobil Honda antara lain CRV, Jazz dan City dengan jumlah populasi terbanyak. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik convinience yaitu dengan secara sengaja dan langsung melakukan pembagian kuesioner kepada konsumen mobil Honda. Data kualitatif dikonvesikan dengan skala ordinal dan kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda melalui bantuan perangkat SPSS (Statistic Pagcketfor of Social Saince).
Hasil penelitian menjelaskan setiap meningkatnya persepsi positif konsumen tcrhadap nama merek I skor dapat meningkatkan keputusan pembelian mobil Honda di Kota Banda Aceh sebesar 0,426 skor. Pengaruh citra positif nama merek (X1) tersebut signifikan karena tna (4,042) lebih besar dari t-tabel (1,671 ) Setiap meningkatnya persepsi positif konsumen tcrhadap tanda merek l skor dapat meningkatkan keputusan pembelian mobil Honda di Kota Banda Aceh sebesar 0,406 skor. Pengaruh citra positif tanda merek (X2) terhadap keputusan pembelian mobil Honda (Y) signifikan karena t­ hitung (4,283) lebih besar dari t-tabel (1,671). Pengujian secara menyeluruh di peroleh F­ hitung (18.780), lebih besar dari F-tabel (3,07) sehingga menerima hipotesis alternative (Ha) yang menyatakan nama dan lambang merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Honda di Kota Banda Aceh dapat diterima kebenarannya. Sehingga dengan sendirinya menolak hipotesis nol (Ho). Produsen mobil Honda perlu meningkatkan citra merek untuk segmentasi kelas menengah dengan cara menawarkan produk Honda yang lebih variatif. Kebijakan ini dilakukan dengan menawarkan generasi produk terbaru dengan dukungan harga yang lebih kompetitif

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK