HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL WELL BEING DENGAN WORK LIFE BALANCE PADA GURU SEKOLAH INTERNASIONAL DI BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL WELL BEING DENGAN WORK LIFE BALANCE PADA GURU SEKOLAH INTERNASIONAL DI BANDA ACEH


Pengarang

Naufal Abrar - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Eka Dian Aprilia - 198404082015042002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

2007101130054

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Psikologi (S1) / PDDIKTI : 73201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2025

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesejahteraan psikologis (psychological well being) dan keseimbangan kehidupan kerja (work life balance) pada guru sekolah berstandar internasional di Banda Aceh. Guru di sekolah internasional menghadapi tantangan tersendiri, seperti adaptasi dengan kurikulum internasional dan keterbatasan waktu untuk kehidupan pribadi, yang dapat mempengaruhi psychological well being dan work life balance mereka. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi guru di SD dan SMP berstandar internasional di Banda aceh yang berjumlah 128 orang, dengan menggunakan teknik total sampling. Skala work life balance yang digunakan adalah skala unidimensi yang disusun oleh Hayman (2005) berdasarkan teori Fisher (2003), dan skala psychological well being yang digunakan adalah versi 18 item dari Ryff (1995). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan telah melalui expert review. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi positif yang kuat antara work life balance dan psychological well being dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.624. Temuan ini menunjukkan bahwa work life balance yang baik berhubungan dengan psychological well being yang tinggi pada guru sekolah internasional.
Kata kunci : Psychological well being, Work life balance, Guru

This study aims to determine the relationship between psychological well being and work life balance among international standard school teachers in Banda Aceh. Teachers in international schools face their own challenges, such as adaptation to the international curriculum and limited time for personal life, which can affect their psychological well being and work life balance. The sample of this study was the entire population of teachers in international standard elementary and junior high schools in Banda Aceh, totaling 128 people, using the total sampling technique. The work life balance scale used is a unidimensional scale developed by Hayman (2005) based on Fisher's (2003) theory, and the psychological well being scale used is the 18-item version of Ryff (1995). Data were collected through questionnaires that were translated into Indonesian and have gone through expert review. The results of the analysis showed a strong positive correlation between work life balance and psychological well being with a correlation coefficient of 0.624. This finding suggests that good work life balance is associated with high psychological well being in international school teachers. Keywords : Psychological well being, Work life balance, Teachers

Citation



    SERVICES DESK