Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN POLA MAKAN MAHASISWA TUGAS AKHIR DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Pengarang
Frisca Salsabila - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Arfiza Ridwan - 198403072015042003 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
2112101010040
Fakultas & Prodi
Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2025
Bahasa
Indonesia
No Classification
616.89
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pola makan seimbang penting bagi mahasiswa untuk mendukung kinerja akademik. Namun, tekanan akademik yang tinggi sering memicu stres yang dapat menyebabkan pola makan tidak sehat. Hingga saat ini, penelitian terkait hubungan stres akademik dan pola makan khususnya pada mahasiswa dengan tugas akhir di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala masih terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres akademik dan pola makan pada mahasiswa tugas akhir di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel total sampling sebanyak 130 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket melalui link google form yang terdiri dari instrumen Perceived Stress Scale (PSS-10) dan kuesioner tentang pola makan. Metode analisa data menggunakan analisis bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang mengalami stres sedang sebanyak 63,1% dan pola makan kurang baik 63,1%. Hasil analisa data menunjukkan p-value= 0,002 yang menunjukkan adanya hubungan antara stres akademik dengan pola makan mahasiswa tugas akhir. Disarankan kepada institusi pendidikan dan perawat komunitas untuk melakukan skrining rutin, layanan konseling, serta program pengelolaan stres dan edukasi pola makan sehat bagi mahasiswa.
A balanced diet is crucial for students to support academic performance. However, high academic pressure often triggers stress, which can lead to unhealthy eating patterns. To date, studies on the relationship between academic stress and eating patterns, particularly among final-year nursing students at the Faculty of Nursing, Universitas Syiah Kuala, remain limited. This study aimed to examine the relationship between the level of academic stress and eating patterns among final-year students at the Faculty of Nursing, Universitas Syiah Kuala. A descriptive correlational design was employed, utilizing total sampling with 130 respondents. Data collection was conducted using a questionnaire distributed via Google Forms, consisting of the Perceived Stress Scale (PSS-10) and a questionnaire on eating patterns. Data analysis employed bivariate analysis with the chi-square test. The findings revealed that 63,1% of respondents experienced moderate stress, and 63,1% exhibited poor eating patterns. The data analysis indicated a p-value of 0,002, suggesting a significant relationship between academic stress and eating patterns among final-year students. It is recommended that educational institutions and community nurses conduct regular screenings, offer counseling services, and implement stress management programs alongside healthy eating education for students.
HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATANRNBANDA ACEH (TRI ABELIA, 2025)
HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN GINGIVITIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rizky Darmawan, 2016)
HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN GINGIVITIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGIRNUNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rizky Darmawan, 2023)
HUBUNGAN RESILIENSI DIRI DENGAN STRES AKADEMIK MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Nur Riska Amalia, 2022)
HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI (AULIA RAHMI, 2020)