Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PARFUM NEELAM DI KOPERASI INOVAC
Pengarang
Ismiranda - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Sofyan - 196611051992031004 - Dosen Pembimbing I
Ira Manyamsari - 198026052014012101 - Dosen Pembimbing II
Edy Marsudi - 196305241990031002 - Dosen Pembimbing III
Azhar - 196711021993031003 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2005102010038
Fakultas & Prodi
Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Pertanian Agribisnis (S1)., 2025
Bahasa
Indonesia
No Classification
658.812
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Selama Januari-Desember 2023, fluktuasi penjualan Parfum Neelam mengindikasikan perlunya strategi pemasaran yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh bauran pemasaran (product, price, place, promotion) terhadap volume penjualan, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian dilakukan di Koperasi INOVAC USK, Banda Aceh, pada 25 Maret-5 April 2024. Data dikumpulkan setiap hari pukul 10.00-15.00 WIB dari 50 responden (25 laki-laki, 25 perempuan) yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Analisis data menggunakan metode deskriptif dan regresi linier berganda untuk menilai pengaruh variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion) secara simultan signifikan memengaruhi volume penjualan. Secara parsial, variabel product, price, dan place memiliki pengaruh signifikan, sementara promotion tidak. Konsumen menilai product dan price sangat baik, mencerminkan kepuasan terhadap kualitas dan harga. Namun, place dan promotion dinilai cukup baik, menunjukkan perlunya perbaikan dalam lokasi penjualan dan strategi promosi. Strategi pemasaran yang lebih terarah diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan dan kepuasan konsumen.
During January-December 2023, fluctuations in sales of Neelam Perfume indicated the need for a more effective marketing strategy. This study aims to analyze the effect of marketing mix (product, price, place, promotion) on sales volume, both partially and simultaneously. The research was conducted at INOVAC USK Cooperative, Banda Aceh, on March 25-April 5, 2024. Data were collected every day at 10:00-15:00 WIB from 50 respondents (25 men, 25 women) selected by proportional random sampling technique. Data analysis used descriptive methods and multiple linear regression to assess the influence of research variables. The results showed that the 4P marketing mix (product, price, place, promotion) simultaneously significantly influenced sales volume. Partially, product, price, and place variables have a significant influence, while promotion does not. Consumers rated product and price very well, reflecting satisfaction with quality and price. However, place and promotion were rated fairly well, indicating the need for improvement in sales location and promotion strategies. A more targeted marketing strategy is expected to increase sales volume and consumer satisfaction.
PENGARUH KARAKTERISTIK KONSUMEN, BRAND AWARENESS DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NEELAM KOPERASI INOVAC. (DAFFA IKRAM, 2024)
PERAMALAN PRODUKSI NEELAM PARFUM MENGGUNAKAN METODE SARIMA UNTUK MEMENUHI PERMINTAAN EKSPOR (STUDI KASUS: ARC UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (LONGGA NABILA NATASYA.S, 2022)
PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN ONLINE SHOP DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI INSTAGRAM @DIGAHOUSE.ID (NIATUL KHAIRI, 2021)
PROSEDUR PENCATATAN PENDAPATAN UNIT USAHA BODY BUTTER PADA KOPERASI INOVAC (Amanda Almira, 2023)
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK EKSPOR PARFUM MINYEUK PRET “ACEH AUTHENTIC PERFUME” (STUDI PT. YAKIN BERSAMA JAYA) (DAUDY SUKMA, 2019)