BRAND IMAGE KFC PASCA KONTEN BOIKOT PRODUK ISRAEL DI MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

BRAND IMAGE KFC PASCA KONTEN BOIKOT PRODUK ISRAEL DI MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

Fatma Adila - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Febri Nurrahmi - 198802242015042002 - Dosen Pembimbing I
Uswatun Nisa - 199107202022032012 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2010102010093

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Ilmu Komunikasi., 2025

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.834 3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Aksi boikot yang tersebar di media sosial memberikan dampak terhadap brand image produk yang masuk ke dalam daftar boikot produk Israel. KFC menjadi salah satu produk yang termasuk ke dalam daftar pemboikotan yang tersebar di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui brand image KFC pasca konten boikot produk Israel di media sosial pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan konsep brand image dan teori Customer Based Brand Equity (CBBE) oleh Kevin Lane Keller. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur. Informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang, yaitu mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang sering melihat konten boikot produk Israel di media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan brand image KFC pasca maraknya konten boikot produk Israel di media sosial. Brand image KFC yang awalnya positif bergeser ke arah negatif. Mayoritas informan memberikan komentar negatif terhadap brand image KFC. Mereka menolak keras untuk membeli produk KFC, kehilangan rasa percaya dan timbulnya rasa marah terhadap merek KFC. Namun, terdapat dua informan yang tidak begitu terpengaruh oleh konten boikot di media sosial. Mereka yang tidak begitu terpengaruh berada dalam posisi ragu-ragu.

Kata Kunci: Brand Image, KFC, Konten Boikot, Mahasiswa


The boycott movement spread on social media has affected the brand image of products included in the Israeli product boycott list. KFC is one of the brands featured in this boycott list circulated on social media. This study aims to examine the brand image of KFC following the Israeli product boycott campaign on social media among students at Syiah Kuala University. This study adopts the concept of brand image and utilizes the theory of Customer Based Brand Equity (CBBE) by Kevin Lane Keller. The research method used is qualitative with data collection techniques through semi-structured interviews. The informants in this study consisted of six individuals, all of whom were Syiah Kuala University students frequently exposed to Israeli product boycott content on social media. The findings of this study reveal a shift in KFC's brand image after the widespread Israeli product boycott content on social media. KFC's brand image, initially positive, shifted to negative. Most informants expressed negative perceptions of KFC's brand image. They strongly refused to purchase KFC products, lost trust, and expressed anger towards the brand. However, two informants were less influenced by the boycott content on social media. These individuals expressed a more hesitant stance toward the issue. Keywords: Brand Image, KFC, Boycott Content, University Students

Citation



    SERVICES DESK